Inspirasi Bangsa

Yuk, Mengenal Aquascape sebagai Hobi Baru !

ENERGIBANGSA.ID – Di masa pandemi ini banyak orang-orang mencari kegiatan, pekerjaan, hingga hobi baru untuk mengisi waktu luangnya.

Banyak orang memilih bersepeda untuk mengisi waktu luangnya. Namun beberapa diantaranya memilih bercocok tanam, nge-game, atau kegiatan lainnya. Salah satu kegiatan unik lain adalah bercocok tanam menggunakan media aquarium.

Yuk, kita berkenalan dengan pola menanam: Aquascape!

Aquascape merupakan sebuah seni tata letak di dalam air (akuarium), baik itu tanaman, bebatuan, akar pohon atau kayu, seta media lain agar tampak indah di dalam sebuah akuarium. Terkadang Aquascape juga sering diartikan sebagai “bercocok tanam di dalam air”.

Mungkin sobat energi ada yang mau mencoba pelihara ikan hias? Jenis ikan cupang, misalnya, yang akhir-akhir ini sedang nge-trend dikalangan masyarakat. Nah, agar tampilan aquariummu tak terlihat biasa-biasa saja, yuk kita coba membuat aquascape.

Di bawah ini rekomendasi tema yang bisa dicoba pada Aquascape.

1. Natural atau Japanese Style

Pertama kali diperkenalkan oleh master Aquascape dari Jepang yaitu Takashi Amano, pada tahun 1990-an. Tema ini bertujuan untuk meniru pemandangan alam semirip mungkin.

Tema Natural/ Japanese Style

Tema ini banyak diminati banyak orang karena memang indah dan unik, pertumbuhan tanamannya sangat alami tanpa campur tangan manusia, untuk membuat tema Aquascape jenis ini diperlukan bebatuan, kayu dan tanaman.

Namun ada juga orang yang membuatnya tanpa menggunakan batu, melainkan hanya kayu dan tanaman saja, aquascape natural juga dipecah menjadi beberapa lagi yaitu tema hutan, waterfall atau air terjun dan juga pegunungan.

2. Tema Dutch Style

Tema yang berfokus pada keanekaragaman tanaman dengan berbagai jenis, warna, ukuran dan teksturnya di dalam akuarium. Tema ini dipopulerkan pada tahun 1930-an. Jika dilihat dengan seksama, tema ini berusaha untuk mereplika sebuah kebun bunga yang biasa kita lihat di daratan.

Tema Ducth Style

Hal ini, karena fokus tema ini lebih ke tanaman. Sementara, orang-orang jarang menggunakan tambahan batu dan kayu. Selain itu ada juga orang yang mendesain Aquascape tema ini menjadi seperti jalanan di Belanda.

3. Tema Iwagumi

Sesuai namanya yaitu iwagumi yang berarti “formasi batu”. Tema ini lebih berfokus pada penempatan hardscape berupa batu-batuan dengan formasi yang unik. Meski terdengar sederhana Aquascape jenis ini tidak kalah indahnya dengan tema Aquascape yang lain.

Tema Iwagumi Style

Aquascape jenis ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada akuarium yang minimalis. Dalam sejarahnya Aquascape jenis ini berasal dari negeri matahari terbit, dan dipopulerkan oleh Takashi Amano. Untuk membuat Aquascape tema ini sobat energi harus terlebih dahulu memilih batu yang akan digunakan dan juga tanaman karpet seperti montecarlo, glosso dan lain sebagainya.

Nah, keren kan ? So, apakah sobat energi berminat mencoba Aquascape sebagai hobi baru? (Ulil/EB)

Related Articles

Back to top button