fbpx
Gaya Hidup

Yuk Lakukan Trik Ini Agar Anak Terbiasa Minum Air

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Membiasakan buah hati untuk selalu minum air agar kebutuhan dalam setiap hari dapat terpenuhi memang tidak selalu mudah. Banyak anak yang malas minum air dengan jumlah yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya dalam satu hari. Padahal kekurangan air dapat membuat anak menjadi dehidrasi.

Untuk menghindari terjadinya dehidrasi maka kebutuhan air per satu hari harus terpenuhi. Menurut Saskhya Aulia Prima, seorang psikolog anak menegaskan jika anak adalah seorang peniru ulung, dalam artian ia akan meniru kebiasan orang-orang di sekitarnya, termasuk kebiasan dari orang tua.

Jadi sebagai orang tua harus memulai untuk memberikan contoh-contoh yan baik, dengan rutin minum air salah satunya.

Baca Juga : Viral! Orang Jawa Lahirkan Anak Bule di Wonogiri

“Orang tua yang menjadi role model,” ungkap Saskhya di gelar wicana daring bertajuk Ibu Sehat, Keluarga Sehat, Jumat (4/9) malam seperti dikutip tim energibangsa.id dari antaranews.com

Dengan melihat kebiasaan orang tua yang rutin minum air mineral, maka sang anak pun akan mengikuti kebiasaan tersebut.

Kemudian, cara kedua yang dapat dilakukan adalah orang tua tidak diperkenankan untuk menunggu anak haus sebelum memberikannya air minum. Biasakan sejak dini untuk menerapkan kebiasaan minum secara rutin agar anak juga terbiasa minum meskipun ia sedang tidak merasa haus.

Cara yang ketiga adalah menyediakan botol ataupun gelas yang memiliki motif lucu agar dapat menarik secara visual. Belikan anak gelas maupun botol yang mempunyai karakter superhero maupun kartun favoritnya.

Kemudian letakkan gelas atau botol di tempat yang mudah dijangkau oleh anak, agar buah hati apalagi untuk balita yang sudah dapat menggapai barang, memberi mereka kemudahan untuk mengambilnya dan bisa mulai belajar untuk minum sendiri.

Dan jangan lupa untuk memberi pujian kepada anak apabila merela berhasil mium sendiri tanpa harus diberi perintah. (tata/EB)

Related Articles

Back to top button