fbpx
Nasional

Yuk Kenali Vaksinasi Covid-19

SEMARANG, energibangsa.id – Pemerintah mengeluarkan Perpres Nomor 99 tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Sinovac sudah datang di Indonesia pada 6 Desember lalu. Saat ini sedang dilakukan persiapan kapan dan bagaimana vaksinasi itu bisa mulai dilakukan. Berbicara mengenai vaksin Covid-19, apa sih vaksin itu dan apa fungsinya bagi manusia?

Apa itu vaksinasi?

Vaksinasi merupakan cara aman melatih tubuh untuk bisa mengenali, melawan dan membuat tubuh kebal dari penyebab penyakit virus atau bakteri.

Selama ini terdapat beberapa jenis vaksin dan proses pengembangan vaksin sudah diwasi dengan ketat melalui tahap uji praklinis dan klinis secra lengkap. Sehingga, vaksin yang dihasilkan aman dan efektif untuk digunakan oleh manusia.

Proses vaksinasi yang aman dan efektif tersebut perlu melewati beberapa tahapan. Setelah vaksin masuk kedalam tubuh, tubuh dapat membentuk sel memori untuk mengenali virus. Tak hanya itu, dengan adanya vaksinasi juga menghasilkan antibody untuk melawan virus.

Fungsi vaksinasi

Jika terpapar oleh virus yang sama, tubuh secara otomatis dapat mengingat dan melawan virus. Vaksinasi tak hanya untuk melindungi diri sendiri. Melainkan, juga bisa mencegah penyebaran dan penularan virus.

Jika mayoritas masyarakat sudah divaksinasi maka secara tidak langsung juga bisa melindungi orang lain yang belum divaksinasi, terlebih yang rentan terpapar virus. Masyarakat yang rentan terpapar virus yaitu  bayi, anak-anak ataupun orang dengan penyakit tertentu.

Pandemi bisa berakhir jika rantai penularan bisa terputus yaitu dengan melakukan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan. Vaksinasi bisa untuk melindungi diri sendiri dan lindungi negeri dari Covid-19. Maka dari itu, jangan takut untuk vaksinasi ya. (*)

Related Articles

Back to top button