fbpx
Wisata & Kuliner

Yuk Kenalan Sama Makanan “Bajingan” Satu Ini

ENERGIBANGSA.ID – Kata “Bajingan” merupakan sebuah kata atau ungkapan kasar, yakni umpatan kepada seseorang yang berperilaku buruk dan merujuk kepada para berandalan. Nakal, kira-kira begitu kita menyebutnya.

Singkong-sari nira atau gula Jawa yang diberi nama “Bajingan”. Makanan ini populer di wilayah eks Karesidenan Kedu Jawa Tengah

Namun, berbeda dengan “Bajingan” yang kita maksud di Jawa Tengah ini. Karena, Bajingan di di sini merupakan nama dari makanan yang berbahan dasar singkong. Lho, lah! Jebule singkong, ya?

Yes! Nama dari makanan ini ternyata diambil dari nama hewan yang berkaitan erat dengan bahan masakannya.

Di sebuah dusun tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Sendaren, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bajingan adalah kudapan terbuat dari singkong yang dimasak menggunakan air nira kelapa. Hmmmm … Sudah ada yang pernah menyantapnya?

Lalu, sebetulnya makanan bajingan sudah tidak asing bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang, Temanggung, dan sekitarnya. Udah, ngaku aja pernah memakannya …

Nah, orang-orang se-eks karesidenan Kedu ini menggunakan bahan dasar yang sama, yaitu singkong alias ‘telo‘, tetapi ada beberapa modifikasi di setiap daerah.

Di Temanggung, misalnya, bajingan terbuat dari singkong yang direbus dengan air gula jawa, daun pandan, dan sedikit garam. Jadi selain harum, ada rasa asin manisnya. Sedapkan!?

Ini nih, ada cerita dari seseorang warga asal Sendaren. Namanya Sugiyo (67), ia menceritakan, konon nama “bajingan” berasal dari kata “bajing” atau tupai yang sering mencuri air nira kelapa (badeg) saat masih di pohonnya.

Dari situ, hewan bajing aliaa tupai ini akhirnya menjadi musuh penderes nira kelapa kala itu. Apalagi sebagian besar warga masih bertumpu kehidupan menjadi pembuat gula Jawa. Jadi ya, saking gemesnya, mereka menyenut singkong yang dimasak dengan sari gula Jawa dengan nama “Bajingan”.

Harus gimana lagi ya sob! Memang itu nama penyebutan mereka. Terus, gimana nih sobat energi? Apa kalian tetap tertarik untuk makan bajingan ini? (buddy/EB).

Related Articles

Back to top button