Yuk Intip Sejarah Penamaan Motor Bebek, Kok Namanya Gitu?
Ilustrasi bebek di pinggir sungai. (Sumber: Istimewa)
Otomotif

Yuk Intip Sejarah Penamaan Motor Bebek, Kok Namanya Gitu?

0

ENERGIBANGSA.ID – Di era modern ini, mulai bermunculan bentuk dan jenis motor yang bervariatif. Mulai dari motor matic, motor sport, moge, dan tentu saja motor bebek.

Selain nyaman dipakai saat beraktivitas harian, pemilihan penggunaan sepeda motor dinilai lebih efisien dan nggak ribet. Seorang penulis konten media online di Kota Semarang, Budi Satria berpendapat bahwa mengendarai sepeda motor justru lebih menghemat pengeluaran.

“Kalau saya lebih enak pake motor sih. Selain gesit, beli bensinnya juga agak lebih murah. Kebetulan kalau pake motor kan juga lebih irit,” ungkapnya pada tim energibangsa.id, Kamis (10/9/2020).

Disamping itu, motor juga dipilih karena bentuknya yang modis. Kita sebagai pengendara merasa lebih percaya diri dan seolah menjadi penguasa jalanan ketika menggunakan sepeda motor. Namun, tak sedikit pula korban yang jatuh karena sembrono dan tidak mematuhi aturan lalu lintas.

Kenapa dinamakan Motor Bebek

Pernahkah terbesit di pikiranmu, kenapa sih ada jenis motor yang namanya bebek, emang mirip bebek ya?

Banyak juga yang bertanya awal mula kenapa dinamakan motor bebek. Karena memang secara sekilas, motor ini sama sekali tidak mirip dengan tubuh unggas air tersebut. Emang gimana sih awalnya?

motor bebek

Dilansir dari gridoto.com, awal mula motor masuk dan beredar di Indonesia yaitu pada tahun 1960. Bebek merupakan jenis motor yang memiliki mesin kecil, dibangun diatas sasis yang sebagian besar terdiri dari pipa besi berdiameter besar.

Desain model seperti tadi kalau di luar negeri dikenal dengan desain ‘step-through’.

Kenapa disebut bebek? karena saat awal kemunculannya, lekukan desain motor jenis ini jika dilihat dari samping mirip dengan bebek.

Apalagi di tahun 1980 sampai tahun 2000, mulai dari Honda C70, Yamaha V70 atau Suzuki RC 100, banyak mengadopsi fairing atau sayap depan kiri dan kanan, sehingga makin mirip sayap bebek.

Namun, banyak masyarakat yang masih belum familiar dengan bentuk motor jadul yang ‘katanya’ mirip bebek tersebut. Pasalnya, seiring perkembangan zaman, bentuk motor juga semakin modis dan kekinian. Tidak sesederhana model desain motor di bawah tahun 2000-an.

Dwiki Vio, seorang pekerja media sosial di startup digital di Kota Semarang, mengaku juga kebingungan mengenai penamaan jenis motor ini.

“Kalau saya rasa sih, bagian depan motor bebek itu agak sedikit panjang menyerupai moncong bebek, mungkin dari situ asal penamaannya,” ujar Dwiki saat diwawancarai di kediamannya, Boja, Kendal.

Tak sedikit pula orang yang memang sudah menyadari bahwa desain motor ini sungguh menyerupai seekor bebek. Muhammad Reyhan, seorang desainer 3D asal Semarang juga menyetujui bahwa motor yang dikendarainya setiap hari itu memang mirip bebek.

“Memang kok, dinamai motor bebek ya karena bentuknya mirip bebek. Coba deh lihat dari samping, hampir mirip bebek,” kata Reyhan.

Semoga dengan penjelasan tadi, sobat energi jadi nggak bingung lagi soal penamaan jenis motor bebek ini. Yang paling jelas sih, persamaan antara keduanya adalah sama – sama berkaki dua, ckuaksszzz. (buddy/EB).

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Hari Ini Terakhir! Begini Lho Cara Dapat Kuota Gratis Kemendikbud

Previous article

Usai Rapat dengan Anies, Bima Arya: Lockdown DKI Belum Jelas

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Otomotif