fbpx
Lewat ke baris perkakas
Wisata & Kuliner

Yuk, Coba Varian Baru dari Tape Peuyeum Khas Sunda

ENERGIBANGSA.ID – Peuyeum mungkin sudah tidak asing lagi didengar masyarakat Indonesia, khususnya warga Sunda.

matcha peuyeum
Matcha Peuyeum, kombinasi minuman berasal dari fragmentasi tape peuyeum dengan minuman Jepang

Makanan khas Jawa Barat satu ini terbuat dari sampeu alias singkong, yang difermentasi sehingga memiliki rasa manis dipadu sedikit rasa asam dengan aroma yang khas.

Berkembangnya waktu membuat peuyeum diolah menjadi berbagai varian makanan, mulai dari “colenak”, kependekan dari dicocol enak, beragam bolu dan cookies, hingga minuman.

Mikuru peuyeum
Mikuru Peuyeum, kombinasi minuman berasal dari fragmentasi tape peuyeum dengan minuman Jepang

Salah satu minuman olahan dari peuyeum terbaru adalah Matcha Peuyeum dan Mikuru Peuyeum. Minuman yang disajikan salah satu restaurant di Bandung dengan memadukan peuyeum dengan minuman khas Jepang.

“Peuyeum dihancurkan kemudian diolah dengan matcha, jadilah Matcha Peuyeum,” ungkap owner Sushinomori, Angga Nugraha Iswan.

Rasa minuman ini manis dan menyegarkan. Namun, bagi yang tidak mengetahui cita rasa peuyeum, mereka tidak akan menyadari sedang mengonsumsi peuyeum.

Sedangkan “Mikuru Peuyeum” dibuat dengan unik. Peuyeum dihancurkan kemudian dibuat es cube. Es ini nantinya akan dihidangkan dengan satu gelas sirop berwarna pink dan susu.

“Sirop pink ini merupakan “Tjampolay” rasa susu kemudian ditambah susu UHT biasa. Penampilannya kami buat unik,” tutur dia.

Kuatnya citarasa peuyeum akan terasa dalam dua minuman tersebut. Karena peuyeum merupakan makanan fermentasi, ada rasa semacam rum.(Sasa/EB/Kompas.com)

Related Articles

Back to top button