fbpx
Wisata & Kuliner

Yuk Berwisata di Embung Sekembang, Destinasi Baru di Pagergunung Magelang

MAGELANG, energibangsa.id—Ada destinasi wisata baru di Magelang bernama Embung Sakembang. Embung Sakembang ini terletak di wilayah Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dari embung ini jika cuaca cerah, kalian bisa melihat keindahan Gunung Andong, Telomoyo, Merbabu dan Gunung Sumbing.

Jika ingin berkunjung di embung ini, kalian cukup membayar biaya parkir sepeda motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Wisatawan sudah banyak yang berkunjung di lokasi ini. Kebanyakan yang datang pada pagi hari untuk melihat sunrise dan sore hari melihat sunset.

Total bangunan embung menggunakan lahan kas desa seluas 2,8 hektare.

Kemudian embung terbentuk oval mampu menampung air sebanyak 14.000 meter kubik. Diperkirakan embung ini nantinya mampu mengairi lahan pertanian seluas 45 hektar.

Masih gratis!

Pihak wisata Embung Sakembang menjelaskan saat ini belum ada tiket masuk sehingga baru mengelola lahan parkir.

Nanti, jika sudah ada penyerahan dari pemerintah kepada desa, akan dibuat tiket masuk.

“Kita belum berani untuk membuat tiket masuk, jadi kita hanya mengelola parkir Rp2.000 sepeda motor dan mobil Rp5.000. Ke depannya, kita buat Perdes untuk retribusi tiket masuk, pengelola Bumdes. Pengelola lapangan Pokdarwis,” tuturnya.

Asal mula nama Embung Sakembang

Nama Embung Sekembang dulunya merupakan kawasan yang ditanami bunga-bunga. Untuk itu, nantinya kawasan ini juga akan ditanami bunga-bunga kembali.

Embung ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Desa Pagergunung. Dengan banyaknya orang yang berkunjung nantinya ekonomi masyarakat bisa tumbuh.

Harapannya ke depan selain ini, banyak wisatawan yang berkunjung ke Embung dan membuat ekonomi masyarakat juga bisa tumbuh.

Awal Viral

Awalnya, destinasi ini viral karena postingan warganet di media sosial. Hal ini membuat banyak wisatawan yang menjadi tertarik karena pemandangan yang disajikan begitu indah.

Mulai dari Gunung Merbabu, Andong, kemudian Telomoyo dan Sumbing. Pemandangan yang luar biasa  dari Kabupaten Magelang.

Dilansir dari detikcom, salah satu pengunjung, Prety (32), warga Grabag mengaku, pemandangannya sangat bagus bisa jadi destinasi wisata.

“Sangat bagus bisa jadi destinasi wisata. View bagus, sekalipun belum sempurna. Perlu ditambah dengan gazebo,” tuturnya.

Pengunjung bisa berfoto maupun selfie dengan latar belakang Gunung Andong, Merbabu maupun lainnya.

Jika pengunjung yang datang ingin mendapatkan foto yang bagus di lokasi ada tukang foto. Untuk tarif per foto sebesar Rp2.500.

Minuman Khas

Wisatawan yang datang ke Embung Sekembang harus mencoba minuman khas ini. Minuman Sekembang berbahan rempah-rempah yang diberi nama Sekembang.

Bahannya terdiri dari jahe, kunyit, serai jeruk nipis Jawa dituangkan dengan air panas dan gula pasir.

Harganya sendiri sangat murah. Per gelas kecil dibrandol harga Rp3.000 dan untuk gelas besar Rp5.000/gelas.

Jika kalian mengunjungi destinasi Embung Sekembang ini, jangan lupa untuk menyicipi minuman Sekembang yang murah sambil melihat pemandangan pegunungan yang indah. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button