doni manardo
doni manardo (doc BNPB)
NationNews

Yes, Usia di Bawah 45 Tahun Boleh Beraktivitas Seperti Biasa!

0

ENERGIBANGSA.ID – virus Corona atau COVID-19 memberikan dampak badai PHK. Terbatasnya aktivitas sosial dan ekonomi menjadi penyebab utama banyak bisnis runtuh, hingga menimbulkan badai PHK ini.

Pemerintah sendiri saat ini tengah mencari titik keseimbangan agar masyarakat tidak banyak terpapar virus Corona dan juga tidak terkena PHK. Salah satunya adalah dengan mengijinkan masyarakat berusia 45 tahun ke bawah untuk kembali beraktivitas seperti biasa.

Doni Monardo , Kepala BNPB yang juga menjadi Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, menjelaskan bawah kebijakan itu bertujuan untuk mengurangi potensi PHK di industri kerja.

“Kelompok ini tentunya kita berikan ruang untuk bisa beraktivitas lebih banyak lagi, sehingga potensi terkapar karena PHK akan bisa kita kurangi,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (11/5/2020). sebagaimana ditulis detik.com

Meluruskan Pernyataan

Meski begitu, Doni Monardo meluruskan pernyataannya tersebut, bahwa warga pada rentang usia tersebut (di bawah 45 tahun) memang dibolehkan untuk bekerja, tetapi terbatas pada 11 bidang usaha yang sudah diatur oleh pemerintah.

Ke-11 sektor tersebut yakni : kesehatan, bahan pangan atau makanan/minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri, pelayanan dasar pada obyek vital, serta kebutuhan sehari-hari.

Sejak awal pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) di sejumlah daerah, ke-11 sektor tersebut memang tetap dibolehkan beroperasi.

Namun, Doni menyarankan agar pihak perusahaan di 11 sektor tersebut hanya mempekerjakan pegawai berusia 45 tahun ke bawah.

“Kenapa kita menganjurkan pimpinan di perusahaan memberi prioritas kepada yang relatif muda? Karena yang usia 45 tahun ke atas mengalami angka kematian yang tinggi,” kata Doni.

“usia 60 tahun ke atas risiko kematian adala 45%. Kemudian kelompok usia 46 sampai dengan 59 tahun tetapi memiliki penyakit penyerta atau komorbit antara lain hipertensi, diabet, jantung, PPOK penyakit paru obstrasi kronis yang biasanya karena kebiasaan merokok,” terangnya.

Sementara untuk kelompok warga usia di bawah 45 tahun dianggap memiliki kerentanan yang rendah. Kalaupun terpapar virus, kelompok ini tidak gampang jatuh sakit jatuh sakit. Nah, kamu masuk kategori kelompok usia mana, sob?

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Menyudahi Perdebatan “Mudik”

Previous article

Ini 3 Langkah Sukses Jualan Online

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Nation