fbpx
Kesehatan

Ya Allah, Mutasi Covid Ganas Sudah Sampai Singapura-Malaysia: Waspada!

JAKARTA, energibangsa.id—Dikutip dari CNBC, Jumat (25/12), pemerintah menyebutkan masyarakat harus mulai waspada dengan adanya mutasi virus SARS-CoV-2 alias Covid-19 yang berkembang di Inggris.

Pasalnya ini telah ditemukan di beberapa negara lainnya, meski saat ini belum ditemukan adanya varian virus di dalam negeri.

Mengumpulkan sampel

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan kementerian telah bekerja sama dengan Lembaga Eijkman untuk melakukan pengumpulan sampel dalam rangka mendeteksi adanya varian baru ini di Indonesia.

“Implikasinya, pertama harus sangat waspada dengan tingkat peningkatan kasus positif. Dan juga infeksi makin tinggi kita harus jaga varian ini jaga biar nggak sampai sebabkan impact berat”, ungkap Bambang.

“Tapi sampai saat ini belum ada bukti varian ini ada di Indonesia. Belum ada bukti meski diakui genomik dan surveilans kita nggak secanggih Inggris,” imbuhnya.

Dia menyebutkan, hingga saat ini masih belum ada bukti bahwa varian baru virus ini bisa berdampak lebih buruk pada kesehatan atau bisa menimbulkan kematian yang lebih cepat.

Dari laporan yang diterima dari berbagai lembaga bahwa varian baru ini hanya menyebabkan penularan virus menjadi lebih tinggi.

Jenis baru corona ini disebut VUI-202012/01. Bahkan negara-negara terdekat Indonesia, seperti Singapura baru saja mengkonfirmasi adanya kasus varian baru corona.

Mutasi ini disebutkan menjadikan anak-anak masuk dalam kelompok rentan terhadap virus ini. Ini sama dengan kerentanan kepada orang dewasa. (*)

Related Articles

Back to top button