fbpx
Pendidikan

Wow, UI Jadi Perguruan Tinggi Nomor 1 di Indonesia Versi THE

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta)Times Higher Education (THE) sebagai Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia, kembali merilis daftar World University Rankings (WUR) 2021. Sebanyak 1.500 perguruan tinggi di 93 negara di dunia, masuk ke dalam Pemeringkatan THE WUR 2021.

Dalam daftar tersebut, terlihat bahwa Universitas Indonesia (UI) berada dalam kelompok peringkat 801 – 1000 dunia sekaligus menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. UI juga menjadi satu – satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk ke dalam kelompok tersebut.

“Ini merupakan pencapaian besar dan menunjukkan bahwa Indonesia dan UI khususnya, semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia,” kata Rektor UI Ari Kuncoro dalam keterangan tertulis dikutip tim energibangsa.id dari Media Indonesia, Minggu (6/9)

Ari juga menyampaikan bahwa di tengah kondisi sulit akibat pandemi COVID-19 pun UI tetap berkomitmen akan menghadirkan solusi atas permasalahan COVID-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

Prestasi yang diraih UI ini juga berkat kontribusi dari para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta juga berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat.

“Meskipun pandemi COVID-19 tengah melanda, perguruan tinggi sejatinya harus tetap membuka diri dengan dunia global. Dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, sivitas akademika UI tetap terlibat di dalam kompetisi internasional, memperluas kolaborasi riset dengan perguruan tinggi lintas benua, memperkuat jaringan perguruan tinggi melalui keterlibatan dalam asosiasi regional dan internasional,” tuturnya.

Dalam pemeringkatannya, THE selalu menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar), penelitian, transfer dan sharing keilmuan serta cakupan internasional sebuah universitas.

Pada laporan tersebut, UI memperoleh total skor 25,1 30,1 dengan capaian setiap indikator yaitu performa pengajaran 37,6, penelitian 20,7, performa sitasi karya ilmiah 15,2, sinergi dunia industri 84,5, dan cakupan internasionalisasi 51,3.

Di pemeringkatan ini, skor UI yang paling menonjol adalah pada performa sinergi dunia industri. THE menggunakan indikator ini untuk menilai kemampuan universitas di dalam mendukung industri melalui terobosan inovasi, penemuan maupun ide atas kebutuhan industri maupun masyarakat.

UI berfokus agar dapat menjadi think tank serta memecahkan permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Dengan fokus pada tiga rumpun penelitian yaitu penelitian kesehatan, sosial humaniora dan sains teknologi, UI berkomitmen menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri serta masyarakat. (buddy/EB).

Related Articles

Back to top button