fbpx
Inspirasi Bangsa

Wow, Ternyata Minyak Jelantah Bisa Disulap Jadi Sabun!

ENERGIBANGSA.ID – Yomi Windri Asni bersama komunitas bank sampah di Yogyakarta berhasil menyulap minyak jelantah yang biasanya dianggap tidak berguna dan dibuang begitu saja menjadi sabun.

Sabun yang dihasilkan juga bukan sekedar sabun biasa. Dikatakan jika sabun ini mampu membersihkan noda membandel yang biasa terdapat di pakaian. Selain itu sabun ini juga dapat digunakan untuk mencuci kain batik dengan pewarna alamin. Sabun ini juga dinilai tidak membuat warna menjadi pudar.

Sabun Langis
Produk sabun dari minyak jelantah. (Sumber: Istimewa)

“Sangat cepat membersihkan noda bahkan noda yang membandel. Kemudian karena kami tidak menggunakan detergen pada bahan baku, jadi sabun ini aman digunakan untuk ibu-ibu yang sensitif terhadap deterjen,” ujar Yomi.

Dalam konferensi pers virtual Program Pemberdayaan UMKM – Perempuan Wirausaha Tangguh dan Kreatif tersebut, Yomi juga menuturkan jika sabun yang berada di bawah label Sabun Langis itu juga tidak menggunakan pemutih dalam proses pembuatannya. Hal itu membuat sabun ini menjadi ramah lingkungan.

Baca Juga : Ternyata Begini Cara Nyuci Bantal, Pasti Sering Salah Kan?

Namun Yomi tidak merekomendasikan penggunaan sabun Langis ini untuk tubuh, karena minyak jelantah yang menjadi salah satu bahan baku mengandung cukup banyak asam lemak.

Pada mulanya Yomi yang aktif dalam gerakan komunitas bank sampah, sejak November 2018 bersama dengan komunitas bank sampah mulai mengolah limbah minyak jelantah. Yomi mengungkapkan jika dalam satu bulan bisa mengumpulkan hingga 40 liter minyak. Kemudian tercetuslah ide untuk mengelola limbah minyak jelantah agar tidak mencemari lingkungan dan bisa memiliki nilai ekonomis.

Yomi menuturkan jika ia membutuhkan waktu hingga 4 bulan untuk memformulasikan minyak jelantah menjadi sabun. Yang saat ini tersedia dalam bentuk batang dan cair. Untuk proses produksinya sendiri membutuhkan waktu dua minggu hingga  satu bulan.

Untuk harganya, sabun Langis batang dibanderol Rp 15 ribu per buah. Sedangkan untuk yang Langis cair dibanderol seharga Rp 25 ribu per botol. Untuk masyarakat yang ingin membeli, sabun Langis telah tersedia di Tokopedia.

Penjualan sabun Langis paling banyak ke daerah Jakarta dan Surabaya. Dan dalam kurun waktu dekat ini setelah melihat potensi pasar, Yomi memiiki rencana untuk mengeluarkan sabun dalam bentuk bubuk.

Related Articles

Back to top button