Dunia

Wow! Ternyata Jembatan Kaca Terpanjang Sedunia Ada di China

ENERGIBANGSA.ID — Jembatan kaca yang melintas diatas sungai di China, dinobatkan sebagai Jembatan kaca terpanjang di dunia. Jembatan tersebut mencetak rekor dunia dengan bentang sepanjang 526 meter, menggantung di ketinggian 201 meter.

Jembatan tersebut dirancang oleh Institut Penelitian dan Desain Arsitektur Universitas Zhengjiang untuk dijadikan objek wisata. Memiliki lebar sekitar 8 meter, wisatawan bisa berhenti sejenak untuk mengambil foto saat melewati jalan kaca yang mengerikan.

Bagian bawah kaca pada jembatan kaca di China itu terdiri dari tiga lapis laminated tempered glass setebal 4,5 cm. Kaca itu benar-benar dirancang untuk tembus pandang, jadi wisatawan yang melintasi jembatan tersebut bisa merasakan sensasi berjalan di atas sungai yang mengalir. Mereka juga bisa melihat perahu yang mungkin melewati sungai.

Menurut Dezeen jembatan kaca di China itu bisa menampung hingga 500 orang sekaligus. Pagar pembatasnya pun terbuat dari baja tahan karat. Menara jembatan serta kabel utamanya berwarna merah di antara ngarai yang hijau.

Pembuatan jembatan selesai awal tahun 2020. Guinness World Records telah resmi mengakui destinasi baru ini sebagai jembatan kaca terpanjang di dunia pada awal musim panas ini.

Menurut BBC, ada lebih dari 2.300 jembatan kaca di China. Proyek-proyek baru terus-menerus memperebutkan gelar terbesar, terpanjang dan paling menakutkan.

Pada 2016, jembatan Kaca Grand Canyon Zhangjiajie menjadi yang terpanjang di dunia sepanjang 429 meter. Namun sayang, jembatan harus ditutup dua minggu setelah dibuka karena kunjungan wisatawan yang membludak.

Kemudian, pada 2017, jembatan gantung Hongyagu mengalahkan jembatan kaca Grand Canyon Zhangjiajie dengan panjang 467m. (Dhanti/EB/detik)

Related Articles

Back to top button