fbpx
Ragam Bangsa

Wow!! Bonsai Pinus ini Termahal di Dunia, Harganya Capai Rp18 M!

ENERGIBANGSA.ID−Saat ini sebagian besar orang memilih beralih ke hobi tanaman hias seperti bonsai. Baik itu untuk mengisi waktu luang, atau sekedar pelipur lara kala di rumah saja.

Tak heran jika popularitas tanaman hias kian meroket, termasuk bonsai.

Akibatnya, harga tanaman hias pun ikut melambung tinggi. Salah satunya tanaman hias yang banyak diminati adalah bonsai.

Bonsai merupakan bentuk seni Jepang kuno yang menumbuhkan miniatur hias dalam wadah untuk meniru bentuk dan skala pohon secara keseluruhan.

Dilansir  dari Bonsai Empire, bonsai termasuk pohon-pohon yang tak ternilai harganya. Sehingga ketika dijual akan sangat mahal.

Harganya fantastis!

Wow!! Bonsai Pinus ini Termahal di Dunia, Harganya Capai Rp18 M!
Ilustrasi bonsai pinus

Salah satu yang termahal yakni bonsai pinus. Harga mahal bonsai pinus disebabkan karena usianya yang sudah berabad-abad.

Dikutip dari Bonsai Tonight, harga bonsai pinus berkisar mulai dari US$50 hingga US$1,3 juta atau sekitar Rp700 ribu hingga Rp18,2 miliar.

Berbeda dengan jenis bonsai lainnya, bonsai pinus merupakan salah satu jenis bonsai yang tidak cocok untuk pemula.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburannya, seperti iklim.

Hal ini yang menyebabkan bonsai jenis ini sulit dipahami tata perawatannya. Sehingga, ini yang kemudian membuat harga bonsai pinus mahal.

Namun, sayang menarik. Bonsai pinus dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk dengan pemasangan kabel.

Caranya dengan melilitkan kawat di sekitar cabang pohon bonsai untuk membengkokkan dan memposisikan ulang cabang hingga mencapai bentuk yang diinginkan.

Pengkabelan juga meningkatkan distribusi energi ke seluruh pohon. Walaupun begitu, hindari melakukan pemasangan kabel terlalu banyak pada satu waktu agar tidak merusak pohon. (ara)

Related Articles

Back to top button