fbpx
Nasional

Wow!! Anggaran Kampanye Bangga Buatan Indonesia 2021 Capai Rp120 M

JAKARTA, energibangsa.idMengutip berita CNN, Senin (21/12), Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyiapkan anggaran Rp120 miliar untuk promosi, sosialisasi dan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021.

Dalam rapat kordinasi Bangga Buatan Indonesia 2021, Senin (21/12), Kepala Badan Litbang Kemendag Oke Nurwan mengatakan pesan tersebut ditujukan untuk menciptakan atau meningkatkan akses pasar produk buatan dalam negeri.

Oke Nurwan menjelaskan peningkatan akses pasar lewat kampanye, promosi dan sosialisasi tersebut dapat dilakukan melalui daring (online) maupun luring (offline).

Lomba video

Kegiatan online yang dilakukan dapat berbentuk lomba pembuatan video khusus untuk para pelaku UMKM seperti yang digelar Kemendag pada Oktober lalu.

“Seperti 2020. Kami juga melaksanakan lomba video bangga buatan produk Indonesia dan lomba videonya bahkan animonya cukup besar,” ucap Oke.

Kegiatan offline dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas pendampingan yang disediakan Kemendag seperti pelatihan, lokakarya, pameran, dan lain-lain.

“Kami masih berpikir juga memanfaatkan rest area kalau memungkinkan. Kami coba sisihkan sebagian areanya untuk bazar,” terangnya.

Perhatian pemerintah

Oke menerangkan pemerintah selalu memberikan perhatian khusus dalam meningkatkan penggunaan produk domestik melalui berbagai kegiatan cinta produk Indonesia.

Upaya tersebut diimplementasikan dengan membuat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2018 tentang Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri.

Serta, Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 47 Tahun 2016 tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri.

Kedua regulasi tersebut pada intinya mengamanatkan peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui promosi, sosialisasi.

Serta, mendorong pendidikan sejak dini mengenai kecintaan, kebanggaan, dan kegemaran menggunakan produk dalam negeri. (*)

Related Articles

Back to top button