Wisata & Kuliner

Wisata Gunung Ragastina, Pesona Tebing Kapur dan Danau di Pesisir Utara Jepara

JEPARA, energibangsa.id — Di Jepara, pemerintah desa bersama warga mengubah eks tambang galian C sebagai obyek wisata baru nih. Hal itu dilakukan sekaligus untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Sebab tak sedikit warga yang mengalami imbas pandemi ini.

Nah, obyek wisata yang dimaksud ini berlokasi di Desa Clering Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Kira-kira memakan waktu 25 menit dari Jalan Raya Jepara-Pati (Sambungoyot) Keling Jepara. Tapi jangan khawatir, akses jalan utama yang dipakai adalah jalan menuju obyek wisata Benteng Portugis, sob! Aman!

Potret wisata eks galian C di Gunung Ragastina Desa Clering Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara/ Sumber: instagram: initial_dhe1

Adalah Gunung Ragastina, destinasi baru yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tempat wisata baru itu terbilang cukup menakjubkan.

Gunung Ragastina memiliki daya tarik antara lain tebing kapur yang berwarna coklat keputihan, serta kubangan air yang menyatu sehingga mirip danau. Serunya lagi, spot wisata ini juga dikelilingi pegunungan di bagian sisi timur, serta hamparan laut di sisi barat. Tak hanya itu, gua alami yang ada di sekitar lokasi menambah daya tarik wisatawan.

Wisata Gratisan?

Spot Gunung Ragastina ini belum diberdayakan secara maksimal lho, sob. Pemerintah desa masih menanti berakhirnya kontrak dengan perusahaan yang menyewa lahan itu sejak 1994 silam, dan baru akan berakhir Januari 2021. Sabar ya …

Tapi santuy, jika kalian ingin mengunjungi spot baru ini, tak ada karcis masuk atau retribusi lain, layaknya obyek wisata yang telah mapan. Sobat energi cukup datang, parkir kendaraan serta ‘jepret-jepret’ berswafoto mengabadikan momen indah ala ‘gretongan’ alias nggak mbayar.

Hmmm … namanya juga ‘gretongan’, jangan harap banyak dari spot baru ini. Fasilitas masih seadanya alias ala kadarnya, sob. Maklum, sekali lagi: belum digarap maksimal. Tunggu ya, 2021 bentar lagi kok. Nanti rencananya kawasan ini akan dimaksimalkan sebagai destinasi baru di Jepara.

Lokasi wisata ini tetap bakal ciamik! Sebab, paduan batu kapur yang berwarna keputihan eks galian C yang digenangi air akan membuat danau alami yang keren. Kita bayangkan saja. Dari kejauhan, air danau bakal mengharu-biru dan membuat jepretan fotomu makin eksotik.

Dan …. Tak hanya itu, sob. Kalian nantinya bakal dimanjakan dengan fasilitas gazebo buat melepas lelah dan menikmati keindahan, becak air serta permainan air lainnya, dan juga fasilitas pendukung lainnya, tentunya. Keren banget, kan?

Oke! Sekarang, mumpung kini masih gratisan, sobat energi bisa datang kesana mulai sekarang. Sama pacar, kek, sama teman genk, kek. Atau sama mamah kamu juga tetap kece kok! Jangan lupa, foto yang bagus biar makin yahud. (*)

Related Articles

Back to top button