fbpx
Gaya HidupPendidikanRagam Bangsa

Melihat Isi HP Orang Lain Tanpa Izin Merupakan Pelanggaran Hukum

ENERGIBANGSA.ID – Handphone merupakan barang pribadi yang sangat kita lindungi privasi kita di dalamnya, meski dalam banyak kasus terjadi problematika hubungan karena ketidakterbukaan soal password dan isi HP.
 
Di luar itu semua, tahukan Anda, bahwa melihat isi handphone (HP) secara langsung tanpa sepengetahuan pemiliknya, bisa dikenai pasal pelanggaran hukum?
 
Dimas Hutomo, SH, seorang Pakar hukum di media hukumonline.com menerangkan bahwa tindakan tersebut secara implisit ada di dalam Pasal 28G ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (“UUD 1945”) sebagai berikut:
 
Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat dan harta benda yang di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan  hak asasi.
 
“Sanksi pelanggaran hak privasi yang dimaksud di atas bisa selaras dengan kebijakan UU ITE, karena mengakses sistem elektronik milik orang lain tanpa hak,” jelas Dimas hutomo sebagaimana ditulis hukumonline.com
 
Dasar Pasal 30 ayat (1) UU ITE sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU 19/2016”) yang selengkapnya berbunyi:
 
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronikmilik Orang laindengan cara apapun.
 
Maka dari itu, Dimas Hutomo menjelaskan bahwa melihat isi HP orang lain tanpa izin dengan cara apapun dan si pemilik tidak menghendakinya, maka perbuatan tersebut dapat dikenakan sanksi hukum.
 
Namun meski kasus ini terkait dengan hak privasi seseorang, Dimas Hutomo berpesan bahwa permasalahan seperti ini seyogyanya diselesaikan secara kekeluargaan terlebih dahulu. (red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button