Sumber: thejakartapost
Sumber: thejakartapost
InternasionalKabar Indonesia

WHO Temukan Vaksin Pertama Covid-19!

0

ENERGIBANGSA.ID – Organisasi kesehatan dunia yaitu WHO dikabarkan telah menemukan vaksin virus corona atau Covid-19 dan mulai disuntikkan kepada para sukarelawan.

Uji coba besar-besaran vaksin yang dikembangkan di Universitas Oxford di Inggris ini sedang dilakukan di Afrika Selatan, Inggris dan Brasil.

Afrika Selatan mencatat hampir sepertiga dari kasus yang dikonfirmasi di Afrika dengan lebih dari 106.000 kasus, termasuk lebih dari 2.100 kematian. Negara itu Selasa malam melaporkan angka kematian terbesar dalam satu hari yaitu 111 kematian.

“Saya merasa sedikit takut tetapi saya ingin tahu apa yang terjadi dengan vaksin ini sehingga saya dapat memberi tahu teman-teman saya dan orang lain apa yang sedang terjadi dengan penelitian ini,” kata salah satu sukarelawan uji coba vaksin, Junior Mhlongo, di Johannesburg. .

Benua Afrika sekarang memiliki hampir 325.000 kasus karena negara-negara melonggarkan pembatasan di bawah tekanan ekonomi.

Pandemik virus corona tertunda di Afrika tetapi semakin cepat dan mengalami peningkatan tajam dalam jumlah kasus dan jumlah kematian.

“Kamerun, Uganda, Tanzania, Kenya, dan Afrika Selatan semuanya telah berupaya mengembangkan kemampuan uji klinis,” kata Salim Abdool Karim, ketua komite penasihat menteri Afrika Selatan untuk Covid-19.

Sementara itu Menteri Kesehatan Afrika Selatan mengatakan negaranya tidak hanya membutuhkan tetapi juga ingin terlibat dalam pengembangan vaksin Covid-19.

“Kami tidak hanya membutuhkan tetapi mampu berpartisipasi ketika dunia berlomba untuk mendapatkan vaksin,” kata Menteri Kesehatan Afrika Selatan Zweli Mkhize dikutip Pikiran-Rakyat.com dari APNews.

Para pemimpin di Afrika secara terang-terangan telah menilai bahwa pasokan medis selama pandemi Covid-19 ke Afrika sangatlah kurang dan jumlahnya jauh lebih kecil dibanding benua-benua yang lain.

Mengenai hal ini, Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak agar pasokan awal vaksin Covid-19 dikerahkan di tempat yang paling dibutuhkan, daripada berdasarkan pada kemampuan untuk membayar.

Tedros juga mengumumkan bahwa pada minggu ini, 54 negara do Afrika sekarang memiliki kapasitas lab untuk menguji virus corona.

Pada bulan Februari, hanya dua negara Afrika yang dapat menguji virus tersebut. Kasus virus pertama di benua itu dilaporkan pada 14 Februari.(Sumber:kaskus.co.id/forum/news)

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Percepat Penanganan Covid, Jateng Gelar 51.000 Tes PCR dan 80.000 Rapid

Previous article

KTT ASEAN Ke-36 Sukses Digelar Secara Virtual

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.