fbpx
Mobile

WhatsApp Mulai Ditinggal Pengguna, Ada Apa?

ENERGIBANGSA.IDDi awal 2021, jumlah instalasi baru aplikasi WhatsApp mengalami penurunan. Hal itu lantaran berbarengan dengan pengumuman kebijakan privasi baru WhatsApp (WA).

Lantas, apakah ini bisa dijadikan sebagai bukti WhatsApp mulai ditinggalkan pengguna?

Mengutip laporan Sensor Tower Kamis (7/1/2021) lalu, jumlah instalasi WhatsApp merosot dan hanya mencapai 13 persen.

Melansir Daily Mail Selasa (12/1/2021), anak usaha Facebook itu cuma diunduh sebanyak 1,3 juta kali. Fakta itu berbeda dengan tujuh hari pertama di awal tahun yang mencapai 10,3 juta download.

Bagaimana dengan Pesaingnya?

Jumlah ini cukup berbeda dengan rival WhatsApp yakni Telegram yang mendapat tambahan download hampir 1,7 juta kali.

Sementara itu nama ‘Signal’ yang naik daun setelah pengumuman kebijakan baru WhatsApp juga mengalami peningkatan jumlah unduhan. Laporan Sensor Tower menyebutkan platform itu mendapatkan 1,2 juta download.

Bukan hanya jumlah unduhan, peringkat WhatsApp di Amerika dan Inggris juga turun. Menurut laporan App Annie, WhatsApp berada diurutan 38 untuk AS dan Inggris peringkat ke-10, merupakan tempat yang tidak biasa untuk raksasa platform messaging itu.

Telegram dan Signal peringkatnya langsung menanjak masing-masing berada di urutan pengunduhan di Inggris yakni 13 dan 1.

Kecewa pada WhatsApp

Banyak pengguna yang cukup marah dengan keputusan kebijakan baru WhatsApp itu. Dalam sejumlah unggahan di Twitter, mereka berani untuk menghapus WhatsApp karena masalah pengaksesan data tersebut.

Salah satu pengguna bahkan berani untuk menghapus WhatsApp dan Instagram sekaligus, dari ponsel pintarnya.

WhatsApp dalam kebijakannya menyebut tidak bisa digunakan jika tak menyetujui aturan baru. Banyak yang berpendapat bahwa para penggunanya seakan ‘dipaksa’ untuk memberikan data mereka. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button