NasionalTeknologi

Website Kemendagri Diretas Hacker, Pertanda Digital Maturity Pemerintah Lemah

ENERGIBANGSA.ID – Setelah lebih dari sepekan ini masyarakat dari berbagai kalangan termasuk para aktivis heboh dengan adanya Revisi UU KPK yang disahkan oleh DPR.

Hal tersebut juga berdampak pada laman Kementerian Dalam Negeri yang kembali diretas pada Minggu (22/9/2019) malam. Peretas tersebut mengatasnamakan Security007 yang menyebabkan laman tidak dapat diakses.

Ahli digital forensik Ruby Alamsyah menyebut bahwa peretasan tersebut menggunakan teknik web defacement. Peretasan kembali menyasar situs pemerintahan untuk menyuarakan pendapat dari kepentingan kelompok atau perorangan.

Hacker yang menyerang situs Kemendagri ini bentuk protes dalam menyampaikan pesannya terkait isu terkini Revisi UU KPK, meskipun tidak terindikasi adanya pencurian data tindakan ini membuat situs tersebut down.

Praktisi digital dan sosial media, Yanuar Aris Budiarto menilai peretasan website Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai bukti nyata bahwa rata-rata situs Pemerintah tidak dikelola dengan baik.

“Pemerintah di level pusat saja seperti ini, apalagi di level kota, kabupaten, kecamatan, dan desa? ini menandakan digital maturity, digital awareness, dan infrastruktur digital pemerintah kita itu lemah,” ujar Yanuar Aris Budiarto.

lebih lanjut, Yanuar Aris Budiarto sangat menyesalkan adanya kelengahan pengelolaan sistem yang tingkat keamanannya kurang tinggi, membuat kegiatan hacking dimanfaatkan oleh para hacker.

Meski begitu ia menolak aksi peretasan situs tersebut, menurut Aris menyuarakan aspirasi politik harus dengan cara yang baik, agar mampu diterima dengan baik. Kecuali jika keadaan memang memaksa kita melakukannya.

Related Articles

Back to top button