fbpx
Kabar IndonesiaNasional

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital; Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 dari Kemkominfo

ENERGIBANGSA.ID – Tidak bisa dipungkiri, kemajuan dunia digital memberikan peluang positif; mulai dari kemudahan akses informasi, hingga kemudahan meraih pundi-pundi rupiah melalui platform digital.

Sayangnya, kemajuan teknologi dan juga aktivitas online saat ini dimanfaatkan beberapa oknum untuk melancarkan aksi melakukan kejahatan siber, hingga maraknya muncul penipuan online.

Lebih memprihatinkan lagi, faktanya hampir separuh dari pengguna internet mengalami ancaman keuangan seperti menerima surel mencurigakan yang mengaku dari bank, situs ritel, sampai permintaan data keuangan.

Penipuan Daring

Berdasarkan sumber data dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) per September 2020, penipuan daring (online) termasuk tindak kejahatan yang banyak dilaporkan.

Ironisnya, sebanyak 28,7 persen kejahatan siber datang dari penipuan online.

Jika melihat dari 2016 hingga 2020, total ada 7.047 kasus penipuan online dilaporkan. Apabila dirata-rata, terdapat 1.409 kasus penipuan online setiap tahunnya.

Penipuan online pun masih menjadi kasus kejahatan siber yang paling banyak dilaporkan nomor dua setelah penyebaran konten provokatif.

Hal ini harus menjadi perhatian masyarakat. Ada beberapa modus penipuan yang kerap muncul dan menyerang pengguna.

Problematika di atas itu baru satu, sementara di luaran sana ada jutaan anak-anak muda yang kebanjiran informasi namun miskin ilmu pengetahun.

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak aware terhadap sistem keamanan dalam penggunaan teknologi.

Bersama energibangsa.id, Yuk kita diskusikan bersama Siberkreasi dan Kabinet Indonesia Maju. Selain itu ada tema diskusi lain yang gak kalah keren bersama para konten kreator (selebram, youtuber, tiktokers) yang akan bicara tentang kreatifitas dan kecakapan digital.

Secara umum, nantinya ada 4 pilar digital yang akan didapatkan: ada pemateri Kecakapan digital, Budaya digital, Ekonomi Digital, dan Keamanan Digital, yang akan disampaikan oleh para ahli di bidangnya masing-masing. (yab)

Related Articles

Back to top button