fbpx
Kabar Indonesia

Waspada Penyakit DB, Berikut 3 Obat Alami Yang Mudah Ditemukan

Energibangsa.id – Akhir-akhir ini Semarang mulai sering diguyur hujan. Ini menjadi satu pertanda bahwa musim hujan akan dimulai.
Pergantian cuaca sering kali membuat daya tahan tubuh menurun, tak heran badan lebih rentan untuk sakit dan terserang virus.

Mulai dari influenza ataupun diare hingga demam berdarah.
Demam berdarah Dengue (DBD) tergolong sebagai penyakit berbahaya yang disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue yang ditularkan dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus. Kedua nyamuk dapat menggigit di pagi hari sampai sore menjelang petang.

Infeksi DBD menyebabkan kadar trombosit tubuh menurun drastis sehingga jumlah sel darah merah menurun. Ini meningkatkan risiko Anda mengalami perdarahan dalam yang dapat menyebabkan kehilangan banyak darah.
Seseorang yang terserang demam berdarah biasanya mengalami beberapa gejala berikut, gejala ini umumnya timbul 4-7 hari sejak gigitan nyamuk, dan dapat berlangsung selama 10 hari.

Beberapa gejala demam berdarah diantaranya :
• Demam tinggi mencapai 40 derajat Celsius;
• Nyeri kepala berat;
• Nyeri pada sendi, otot, dan tulang;
• Nyeri pada bagian belakang mata;
• Nafsu makan menurun;
• Mual dan muntah;
• Pembengkakan kelenjar getah bening;
• Ruam kemerahan sekitar 2-5 hari setelah demam;
• Kerusakan pada pembuluh darah dan getah bening; dan
• Perdarahan dari hidung, gusi, atau di bawah kulit.

Obat Alami


Jika kamu atau kerabatmu terlanjur terkena demam berdarah dengue berikut obat tradisional yang mampu meningkatkan kadar trombosit secara alami hingga melawan infeksi untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Jambu Bijijambu biji
    Sudah populer bahwa jamu biji mampu menyembuhkan DBD. Kandungan trombinol dalam buah ini mampu merangsang trombopoietin sebagai senyawa aktif dalam tubuh yang memicu pembentukan keping darah baru sehingga menaikkan jumlah trombosit. Buah jambu biji juga bermanfaat meningkatkan jumlah keping darah karena mengandung magnesium, zat besi, fosfor, dan kalsium.
    Untuk mengkonsumsi buah jambu biji bisa langsung dimakan dengan mengupas kulitnya maupun diekstrak menjadi jus agar lebih mudah dikonsumsi juga kandungan air dalam daging buahnya bagus untuk mencegah dehidrasi.
  2. Beras Merah China (Angkak)Beras Merah China
    Angkak adalah jenis beras merah China yang telah difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Angkak menghasilkan lovastatin sebagai metabolit sekunder, yang dapat meningkatkan jumlah trombosit.
    Cara menggunakan angkak sebagai obat DBD mudah adalah dengan menyeduh atau merebusnya, kemudian saring air rebusan. Bisa juga tambahakan masu agar rasa air rebusan angkak lebih enak dikonsumsi.
  3. Daun Pepayadaun pepaya
    Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah pengidap demam berdarah. Ini diduga karena daun pepaya membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.
    Untuk memanfaatkan daun pepaya, kamu dapat cuci bersih 50 gram daun pepaya dengan air mengalir. Kemudian tumbuk daun hingga halus tapi jangan sampai menjadi bubuk. Seduh gerusan daun pepaya tersebut dan saring airnya.
    Minum air rebusan daun pepaya 3 kali dalam sehari sebagai obat demam berdarah alami.
    Selain mengkonsumsi makanan herbal diatas, kamu juga perlu mengkonsumsi sayuran atau buah yang banyak mengandung vitamin C serta perbanyak minum air mineral untuk mencegah resiko dehidrasi dan syok, Stay healthy, Sob! (Sasa/EB)

Related Articles

Back to top button