fbpx
Kesehatan

Waspada! Jika Alami Gejala Ini, Tandanya Kamu Terkena Asam Urat

ENERGIBANGSA.ID – Jangan berfikir bahwa asam urat hanya bisa menyerang orang tua saja, baik laki-laki maupun perempuan, semua bisa terkena.

Umumnya, gejala asam urat sering dipandang sebelah mata. Apabila tidak segera diobati, penyakit ini bisa memicu komplikasi yang cukup berbahaya.

Salah satu faktor penyebab timbulnya asam urat adalah makan makanan yang tidak sehat dan mengandung purin tinggi seperti jeroan, hati dan otak.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa gejala asam urat yang muncul di tubuh kita.

1. Sendi Terasa Nyeri dan Panas

Menghimpun dari Health Line, nyeri dan panas di bagian sendi yang tak tertahankan merupakan salah satu tanda munculnya penyakit asam urat di tubuh kita.

Biasanya, sensasi panas di persendian terjadi karena adanya peradangan akibat kristalisasi yang terbentuk di sendi-sendi.

Bagian tubuh yang sering mengalami nyeri akibat asam urat adalah jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan kaki, siku dan jari tangan. 

Nyeri sendi tersebut biasanya terjadi selama 3-10 hari dan paling bereaksi pada malam hari.

2. Bengkak  di Bagian Tubuh Tertentu

Selain nyeri, asam urat juga memberikan tanda berupa pembengkakan yang terjadi di beberapa bagian tubuh.

Pembengkakan tersebut bisa terjadi di bagian sendi maupun sekitarnya. Ada dua faktor yang mengakibatkan pembengkakan bisa terjadi.

Pertama, akibat sinovium atau jaringan pelapis sendi yang membengkak. Kedua, adanya peningkatan volume cairan pelumas sendi saat terjadi peradangan.

3. Kulit Kemerahan 

Saat mengalami asam urat, tubuh memberikan sinyal atau tanda. Salah satunya adalah warna kulit yang berwarna kemerahan.

Hal ini bisa terjadi karena adanya peradangan yang terjadi di sendi, sehingga membuat aliran darah naik secara berlebihan.

4. Muncul Benjolan  

Apabila gejala asam urat tidak segera ditangani, maka akibatnya bisa menjadi kronis.

Tubuh mulai memunculkan benjolan keras (tophi) dan akan terus berkembang setiap harinya di persendian, kulit, serta jaringan lunak yang berada di sekitarnya.

Maka dari itu, penanganan secepatnya sangat diperlukan untuk mencegah penyakit asam urat kronis.

Dengan mengetahui gejala-gejala yang timbul di tubuh dapat membantu kamu menentukan waktu yang tepat untuk menanganinya sebelum semua itu terlambat dan menjadi sarang penyakit di tubuh kita.

Related Articles

Back to top button