fbpx
Kesehatan

Waspada, Ini 6 Makanan Enak yang Sebabkan Darah Tinggi!

ENERGIBANGSA.ID – Penyakit tekanan darah tinggi pasti dihindari oleh semua orang. Penyakit ini biasa ditandai dengan sakit kepala atau pusing, namun sering juga jika tak menunjukkan gejala yang spesifik. Banyak hal yang bisa menyebabkan tekanan darah melonjak, salah satunya sembarangan dalam memilih makanan.

Makanan mengandung tinggi garam hingga lemak biasanya memicu tekanan darah untuk melewati ambang batas atas normal. Bersumber dari Kumparan, berikut rangkuman enam makanan yang dapat menyebabkan darah tinggi.

1. Makanan kaleng

Makanan Kaleng (Sumber: Istimewa)

Dilansir Eat This, makanan kaleng rata-rata mengandung banyak natrium. Misalnya, pada sup kalengan rata-rata bisa mengandung hingga 1.720 miligram natrium. Padahal, American Heart Association merekomendasikan kita untuk tidak mengonsumsi natrium lebih dari 2.300 miligram per hari, dengan batas ideal 1.500 miligram dalam sehari.

2. Kentang goreng

Kentang Goreng (Sumber: Istimewa)

Camilan satu ini memang memiliki rasanya yang enak sehingga membuat kita tak bisa berhenti mengunyahnya. Sayangnya makanan enak ini mengandung tinggi lemak dan garam. Sehingga kalau kamu memakannya secara berlebihan bisa menyebabkan berbagai penyakit; seperti tekanan darah tinggi, kelebihan gula darah, dan kolesterol.

Para peneliti dari Harvard Medical School bahkan mengamati lebih dari 187.000 laki-laki dan perempuan dalam tiga penelitian. Hasilnya, mereka menemukan bahwa responden yang mengonsumsi empat porsi atau lebih kentang goreng dalam seminggu, berisiko 17 persen lebih tinggi mengalami tekanan darah tinggi.

3. Minuman soda

Minuman Soda (Sumber: Istimewa)

Sebuah studi tahun 2011 menemukan, mereka yang mengkonsumsi lebih dari satu botol atau kaleng soda atau minuman manis lainnya setiap hari, memiliki tekanan darah lebih tinggi. Bahkan, mereka berisiko lebih besar terjangkit penyakit kardiovaskular lainnya.

4. Makanan tinggi fruktosa

Makanan Fruktosa (Sumber: Istimewa)

Dikutip dari hasil penelitian yang diterbitkan WebMD tahun 2010, mengungkapkan mengonsumsi makanan tinggi fruktosa dalam jumlah tak wajar dapat meningkatkan risiko terkena darah tinggi.

Salah satu makanan tinggi fruktosa dapat kamu temukan dalam saus salad siap santap. Alih-alih makan sehat, mengonsumsi saus salad secara berlebihan justru bisa meningkatkan risiko darah tinggi hingga obesitas.

5. Donat

Donat (Sumber: Istimewa)

Makanan dengan gula tambahan seperti donat, bila dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah melonjak hingga penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2014 menyebutkan, peningkatan konsumsi gula tambahan merupakan salah satu faktor melonjaknya tekanan darah seseorang. Maka itu, selain memperhatikan asupan garam dan lemak, batasi juga jumlah konsumsi gulamu, ya.

6. Fast food

Fast Food (Sumber: Istimewa)

Penelitian yang diterbitkan jurnal Heliyon tahun 2019, menemukan bukti bahwa mengkonsumsi fast food terlalu sering bisa meningkatkan tekanan darah. Sebab, makanan seperti burger, sandwich ayam, dan pizza diselimuti oleh lemak yang tentunya tak baik untuk kesehatanmu. (Sasa/EB/kumparan)

Related Articles

Back to top button