fbpx
Kesehatan

Waspada, Berikut 10 Ciri Orang Terkena Virus Corona

ENERGIBANGSA.ID – Sudah setahun lebih pandemi virus Corona masih mengincar berbagai kalangan manusia, mulai dari tua hingga anak-anak.

Orang yang terkena virus Corona kini menunjukan ciri yang semakin beragam, mulai dari demam hingga sering merasa kelelahan. Bahkan ada yang dijuluki sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG).

Tidak hanya demam, beberapa gejala kecil seperti di bawah ini bisa kamu waspadai. Berikut 10 ciri-ciri orang terkena virus Corona yang perlu diketahui.

1.Sakit kepala yang berulang-ulang

Melansir dari Alodokter, penyebab sakit kepala yakni disebabkan oleh aktifnya saraf nyeri di kepala, baik akibat gangguan di kepala maupun bagian tubuh lain.

Aktifnya saraf nyeri ini bisa dipicu oleh aktivitas zat kimia di otak, gangguan pada otot di kepala dan leher. Atau gangguan pembuluh darah di kepala.

Penyebab gangguan tersebut dapat berupa perilaku atau gaya hidup, maupun suatu kondisi atau penyakit. Jika kamu sering merasakan sakit kepala tanpa alasan, kamu wajib memeriksakannya ke dokter sebelum terlambat.

2.Terkadang merasa sesak nafas

Beberapa orang mungkin mengalami sesak napas secara tiba-tiba dan hanya dalam waktu yang singkat.

Namun beberapa lainnya mengalami masalah sesak nafas berulang.

Sesak napas yang terjadi secara berulang dapat disebabkan oleh penyebab umum atau akibat dari kondisi mendasar yang lebih serius.

Dikutip dari Medical News Today, sesak napas yang terjadi secara tiba-tiba dapat berarti bahwa orang tersebut memerlukan penanganan darurat.

3.Nyeri dada

Nyeri dada merupakan salah satu gejala yang tidak boleh dianggap remeh. Karena salah satu penyebab nyeri dada adalah serangan jantung yang berpotensi mengancam jiwa.

Sehingga penting sekali untuk dapat mengenalinya agar segera mencari pertolongan dengan cepat dan tepat.

4.Kelelahan sepanjang hari

Rasa lelah dan lemah tersebut bisa terjadi ketika sel dalam tubuh tidak mendapatkan cukup glukosa.

Gejala lain yang muncul juga bisa menyebabkan kelelahan. Seperti sering buang air kecil, sering merasa haus, merasa lapar meskipun sudah makan, penurunan berat badan, dan penglihatan kabur.

Sering merasa lelah bisa menjadi tanda atau gejala dari suatu penyakit, loh. Faktanya, penyakit serius apa pun, seperti kanker atau stroke, maupun proses pemulihan dari perawatan medis tertentu dapat membuat seseorang menjadi mudah merasa lelah.

5.Kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa (anosmia)

Beragam penyebab anosmia, seperti hidung tersumbat karena flu, alergi, infeksi sinus. Atau kualitas udara yang buruk adalah penyebab paling umum dari anosmia.

Dalam kasus ringan seperti yang sudah disebutkan tersebut, anosmia hanya bersifat sementara dan akan sembuh dengan sendirinya.

Namun dalam kasus virus Corona, anosmia membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemulihan.

6.Batuk

Batuk yang terjadi sesekali itu normal karena dapat membantu menggerakkan dahak yang bertugas menjaga saluran napas tetap lembap.

Terkadang, batuk-batuk bisa dirasakan lebih parah di malam hari . Namun, batuk yang terus-menerus apalagi ditambah gejala lain, seperti demam dan dahak berwana atau berdarah, dapat menandakan gangguan medis lainnya.

7.Flu parah

Penyebab penyakit influenza bisa dihindari dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Walaupun kondisi flu ini sangat umum terjadi di masyarakat, dengan menjaga kebersihan. Kamu bisa terhindar tertular virus ini.

8.Muntah dan diare

Gejala utama muntaber atau gastroenteritis adalah diare, serta mual dan muntah. Gejala ini muncul antara 1-3 hari setelah terinfeksi.

Gejala umumnya akan berlangsung selama 1-2 hari, tapi bisa juga hingga 10 hari. Selain mual, muntah, dan mencret. Penderita muntaber juga dapat mengalami gejala berupa: sakit dan kram perut. Tidak nafsu makan.

9.Cepat lupa

Jika merujuk pada fakta medis, hasil penelitian yang dilakukan di Harvard University, beberapa hal yang menyebabkan seseorang menjadi pelupa sebenarnya kebanyakan datang dari kebiasaan (gaya hidup) dan apa yang kita konsumsi.

Lupa juga bisa merupakan salah satu ciri seseorang terserang penyakit serius. Jangan remehkan jika kamu sering lupa beberapa menit yang lalu ya.

10.Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan saat menelan dapat disebabkan oleh peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi virus, atau reaksi alergi terhadap penyebab alergi (alergen) dari lingkungan (polusi, asap rokok, debu, atau serbuk sari dari tanaman).

Tak heran, jika sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala jelas ciri seseorang terinfeksi virus Corona.

Selalu jaga kebersihan diri dan daya tahan tubuh kita dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin. Serta menjaga pikiran kita supaya tidak stres adalah satu kunci kita untuk bisa menekan virus untuk masuk ke dalam tubuh.

Jangan lupa, patuhi selalu anjuran pemerintah. Sebab, jika tidak dimulai dari diri sendiri, lalu, siapa lagi? (ara/ EB)

Related Articles

Back to top button