fbpx
Kabar Daerah

Warga Semarang: Waspadai Ancaman Baru di Tahun Baru!!!

SEMARANG, energibangsa.id – Awal tahun baru sudah kita hadapi, musim penghujan rasa-rasanya bakal menemani kita di beberapa bulan ke depan. Filosofi di bulan Januari yang diartikan sebagai “Hujan sehari-hari” sepertinya harus diterima bagi setiap masyarakat Indonesia khususnya.

Tiada hari tanpa diguyur hujan, sepertinya sudah jadi jargon bagi sebagian masyarakat pada beberapa bulan ini. Perlu diketahui juga selain menimbulkan berkah sobat energi harus menyadari bahwa turunnya hujan juga bisa berdampak pada kerugian dan malapetaka lho…

Hujan deras mengguyur Kota Semarang dan sekitarnya pada akhir-akhir ini menurut keterangan sekretaris BPBD Kota Semarang Winarsono membuat Banjir Kanal Timur (BKT) yang ada di Mranggen, Demak, sempat meluap dan masuk ke rumah warga.

Namun hal itu masih belum menjadi  masalah karena bisa diatasi dengan baik. Pihak BPBD berpesan agar warga selalu mewaspadai kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Mengingat luapan dari Mranggen telah masuk ke wilayah perumahan PGRI Klipang setinggi 50 cm.

“Info dari petugas kami wilayah Pucanggading Demak sudah meluap. Kalau Semarang kejadian banjir di perumahan PGRI Klipang dengan ketinggian 50 sentimeter,” papar Winarsono.

Winarsono menerangkan kondisi terkini bendung Pucanggading hingga Minggu pukul 15.00 ke Dombo 130 sentimeter, ke Babon 130 sentimeter, sedangkan ke BKT 150 sentimeter. BKT saat ini dibuka empat pintu dari total tujuh pintu yang ada.

Menurutnya, daerah tersebut cukup cekung sehingga banjir terjadi akibat luapan irigasi di wilayah setempat. Winarsono mengimbau warga agar selalu waspada terhadap bencana baik banjir maupun tanah longsor pada musim hujan. BPBD pun akan terus memantau kondisi setiap wilayah di Kota Semarang.

“Kami monitor terus. Petugas wilayah senantiasa memberi info melalui grup WA. Kamu juga pantau dari HT,” tambahnya. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button