fbpx
Kabar Daerah

Warga Satu Kecamatan di Kebumen Ini Bakal Pesta Internet, Kok Bisa?

KEBUMEN, energibangsa.id – Seluruh desa di wilayah Kecamatan Alian dipilih sebagai Desa Melek Internet (Desmili).

Dengan begitu, Pemerintah Kabupaten Kebumen akan menyediakan infrastruktur internet sebagai sarana pendukung pemberdayaan desa dengan segala potensinya.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan, Kecamatan Alian dipilih sebagai implementasi program Desmili karena memiliki potensi untuk dikembangkan.

Potensi wisata alam dan hasil bumi

Selain terdapat wisata pemandian air panas dan memiliki alam pegunungan yang cukup indah, Alian juga memiliki sektor pertanian seperti Kelapa Ganjah Entok.

Menurut Bupati Arif, saat ini ketersedian jaringan internet yang kuat dan stabil merupakan salah satu syarat pembangunan desa.

Kemajuan dari teknologi informasi bukan hanya mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, tapi juga bisa memudahkan layanan pemerintah untuk masyarakat.

“Sekarang ini hampir semua sektor bisnis UMKM dijual secara online. Kalau penguasaan teknologi kita lemah, pasti kita akan tertinggal. Maka, pemerintah akan membantu masyarakat dalam penguatan internet supaya lancar,” jelas Bupati Arif, di Kantor Kecamatan Alian (23/3/2021) lalu.

Wujud keterbukaan informasi publik

Camat Alian, Sugito menjelaskan penyelenggaraan program Desa Melek Internet atau disebut Desa Online merupakan wujud pelaksanaan keterbukaan informasi publik, khususnya dalam rangka memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat.

Nantinya, setiap desa di wilayahnya diwajibkan untuk membuat situs web, serta akun media sosial, baik Facebook, Instagram, maupun Youtube.

“Kita ingin semua desa yang ada di sini terbiasa untuk menggunakan teknologi digital dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambah Sugito.

Selain itu, pihaknya menyiapkan Rumah Internet yang menyediakan layanan internet gratis di sejumlah titik.

“Program ini bisa dilaksanakan desa dengan menggunakan anggaran desa,” ucap Camat Sugito. (*)

Related Articles

Back to top button