ecobrick
contoh sample ecobrick (doc eny facebook.com)
NationNews

Warga Jepara, Tukar Sampah Plastikmu dengan Telur dan Madu di Sini

0

ENERGIBANGSA.ID – Apakah Anda kesulitan membuang sampah plastik? Jangan khawatir, kini di Jepara Anda bisa menukar sampah plastik Anda dengan telur atau madu.

Dalam rangka optimalisasi pengurangan sampah, dari sampah plastik itu akan dibuatlah ecobrik.

Apa itu ecobrick? secara umum, ecobrick adalah bahan ‘bata alternatif’ untuk mendirikan tembok bangunan. Selain itu, ecobrick bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furniture.

Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali.

Adalah Eni Astuti, bersama suaminya Bahruddin M Top, yang mulai mempopulerkan ecobrick di Jepara dengan memposting campaign zero waste di laman sosial media miliknya.

“Sampah plastik dibuang mencemari lingkungan, kalo dibakar menyebabkan polusi. Mending bawa sini aja, saya tukar ecobrick Anda dengan telur atau madu,” tulis Eni di status facebooknya.

Eni memberi syarat khusus sampah plastik dimasukin botol plastik, dengan berat minimal 500gr akan ditukar dengan dua butir telur. Sedangkan 10 botol ecobrik akan ditukar dengan madu 200ml.

Apakah kampanye pengolahan sampah plastik ini berhasil? Dari pengamatan tim energibangsa.id, postingan Eni sudah di-like oleh 250-an orang, dishare sebanyak 173 kali.

Yuk, kita dukung Eni mengumpulkan sampah plastik dan membuatnya menjadi lebih bermanfaat lagi.

Bagaimana cara mendukungnya? langsung saja datang ke sebelah lapangan Cross Sukodono, dan jangan lupa menghubunginya di 085326412188 terlebih dahulu.

Di era kolaborasi ini kita tidak bisa membuat perubahan positif secara individu. Mari dukung pengolahan dan ide kreatif ini dengan mengumpulkan sampah plastik menjadi ecobrick.

Yuk, jadi energi muda yang memuali perubahan positif dari lingkungan sendiri.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Segera Cari Kesibukan! Menekuni Hobi Patah Hati Bisa Menyebabkan Kematian

Previous article

Bagaimana Cara Menolak Cinta Seseorang?

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Nation