Kabar IndonesiaNasional

Warga Indonesia Gratis Biaya VISA ke Korea Selatan

ENERGIBANGSA.ID – Menjelang akhir tahun, pastinya sobat energi tidak ingin melewatkan kesempatan untuk pergi liburan kan ya? Apa kamu ada rencana melakukan perjalanan liburan ke luar negeri?

Untuk yang memilih liburan di luar negeri, cek dulu apakah semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap? mumpung masih ada waktu buat prepare nih.

Jika kamu ingin ke pergi ke Korea Selatan, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ya sobat energi. Selain mengurus paspor, ada juga visa yang harus kamu urus sebagai data pelengkapnya. Lalu, Bagaimana cara mengurus visa?

Nah, kabar baiknya, sobat energi yang ingin liburan ke Korea Selatan, untuk periode 1 Oktober hingga 31 Desember 2019 tidak perlu mengurus visa, alias gratis!

Program bebas visa ini berlaku khusus untuk warga Indonesia dan Asia Tenggara lainnya. Sebagaimana dikutip dari Kompas.com, program bebas visa ini diadakan dalam rangka memperingati ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit, sebuah acara perayaaan ulang tahun ke-30 dari kemitraan dialog ASEAN dan Republik Korea, yang dijadwalkan berjalan di Busan pada 25-26 November 2019.

Namun sebagai catatan, program ini hanya berlaku untuk visa kunjungan jangka pendek C-3 ke Korea Selatan ya sobat energi.

Selama periode tiga bulan, pemohon visa tidak diharuskan untuk membayar biaya 40 US Dollar, tetapi biaya administrasi pendaftaran Rp 196.000 tetap berlaku.

Selain itu, pemohon visa juga diharuskan menyerahkan aplikasi mereka di Visa Korea Pusat Aplikasi di Lotte Shopping Avenue Mall di Kuningan, Jakarta Selatan.

Kim Chang-beom, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia menjelaskan bahwa dengan adaanya program gratis biaya visa ke Korea ini mampu membuat banyak warga Indonesia mau berkunjung ke negeri gingseng tersebut.

“ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit dan program bebas biaya visa ini diharapkan dapat memberikan kesempatan dan pengalaman bagi banyak warga negara Indonesia yang ingin menikmati keindahan alam dan kebudayaan Korea,” ucap Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, Kim Chang-beom dalam keterangannya Kamis (12/9/2019).

Dra. Ismiyatun, Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional UNWAHAS Semarang, menyambut positif kabar tersebut.

“ini merupakan salah satu bentuk diplomasi positif Korea kepada negara-negara Asia Tenggara, peluang ini harus dimanfaatkan betul oleh mahasiswa-mahasiswa kami,” ujarnya kepada redaksi energibangsa.id

Jadi, sobat energi mau berangkat sendiri atau bareng-bareng? Yuk, persiapkan mulai dari hari ini.

Related Articles

Back to top button