fbpx
Kesehatan

Wanita Haid Tidak Boleh Melakukan Hal Ini, Mitos atau Fakta?

ENERGIBANGSA.ID – Indonesia, secara keseluruhan tercipta dari berbagai bangsa, bahasa, agama, suku, dan budaya yang memiliki kisah unik dan magic tersendiri. Namun lambat laut kisah unik nan magis itu mulai luntur seiring berkembangnya waktu, dan hanya dipercaya sebagai mitos belaka.

Salah satu mitos itu adalah soal larangan-larangan saat haid berikut ini. Seperti larangan saat menstruasi meliputi tidak boleh keramas saat haid, menghindari berolahraga dan memilih beristirahat, dan lain sebagainya.

Apakah larangan saat haid seperti contoh di atas benar adanya? Atau memang hanya sekadar mitos turun temurun?

Dikutip dari doktersehat.com tim energibangsa akan membahas ringan mengenai mitos soal menstruasi dan akan kita lihat penilaian berdasarkan fakta medis yang ada.

Berikut ini adalah fakta dan mitos larangan saat haid yang perlu kamu ketahui:

1. Tidak boleh minum air dingin

Banyak yang percaya kalau mengonsumsi minuman dingin dapat memperlambat menstruasi. Faktanya, mitos ini tidaklah benar karena minuman dingin sama sekali tidak berpengaruh dengan siklus menstruasi.

Hal itu disebabkan karena siklus menstruasi diatur oleh hormon estrogen dan progesterone. Terlambatnya menstruasi terjadi saat hormon seorang wanita tidak seimbang yang dapat dipengaruhi dari beberapa faktor fisik, seperti kelelahan, stress dan juga penyakit. Jadi dapat disimpulkan larangan saat haid ini hanya mitos.

 2. Tidak boleh keramas

Tujuan keramas untuk menjaga kebersihan rambut dan kepala Anda. Terbayang bagaimana lepeknya rambut Anda selama menstruasi karena tidak boleh mencuci rambut?

Sedangkan saat menstruasi, Anda harus lebih ekstra menjaga kebersihan tubuhnya, termasuk rambut dimana keramas saat menstruasi justru menjadikan rasa percaya diri lebih matang karena tubuh bersih dan wangi. Hal yang tidak boleh dilakukan saat haid berikut tidaklah tepat.

Namun, jika dikaitkan dengan urusan agama, keramas rambut memiliki potensi untuk membuat rambut jadi rontok, sedangkan saat haid kita diminta untuk menjaga rambut jangan sampai rontok, maka memang lebih baik tidak keramas.

3. Larangan saat haid – Minuman bersoda

Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kalau mengonsumsi minuman bersoda dapat mempercepat menstruasi. Minuman bersoda hanya dapat membuat seseorang merasa lebih segar.

Walaupun dapat menimbulkan rasa segar, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman bersoda secara rutin dalam jangka panjang karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh yang otomatis dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

4. Berhubungan intim saat menstruasi tidak hamil

Memang, kemungkinannya kecil untuk hamil saat berhubungan intim kala menstruasi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa hamil. Karena walaupun sedang menstruasi sperma tetap dapat masuk ke dalam Miss V dan sperma tersebut dapat bertahan selama tujuh hari.

begitulah mitos dan fakta larangan saat haid. Ada hal yang tidak boleh dilakukan saat haid dan ada pula larangan menstruasi yang hanya mitos semata. Ingat untuk selalu merawat tubuh agar tetap bersih seperti keramas saat menstruasi.

Related Articles

Back to top button