fbpx
Inspirasi Bangsa

Wanita Asal Semarang ini Sukses Buka Kedai Kopi di Swiss, Pelanggannya Bisa Belajar Bahasa Indonesia, Lho!

SEMARANG, energibangsa.id–Omnia Coffee, adalah kedai kopi yang dibangun oleh Alista Oksanti dan suaminya di Stauffacherstrasse 105, Zurich, Swiss.

Kedai kopi  ini menyuguhkan suasana yang berbeda tentunya. Bagaimana tidak, ketika memasuki kedai kopi di kawasan Helvetiaplatz para juga bisa ngobrol hangat dengan par barista.

Melansir dari Kompas.com, pelanggan Omnia, tidak serta merta bergegas meninggalkan kedai kopi setelah membayar.

Mereka justru menjalin percakapan ringan tentang cuaca, kopi, bahkan tentang Indonesia.

Tak sekedar ngopi, gaes!?

“Yang datang kemari, bukan sekadar ingin ngopi. Tapi juga ingin tahu, bagaimana kopi hangat ini sampai di tangannya,“ tutur Alista Oksanti.

Kopi yang diseduh Alista, bukan sekadar kopi biasa, Alista menunjukkan beberapa bungkus kopi dari Bali, Toraja, Sumatera hingga Flores.

“Konsumen bisa memilih cappucino atau cafe latte, tapi bahan dasar kopinya tetap dari Nusantara, di-roasted-nya juga di sana,“ imbuhnya.

Dari asal muasal kopi ini, imbuh Alisa, percakapan antara barista dan pelanggannya, mengalir lancar.

Tidak jarang, ada pelanggan yang lancar bahasa Indonesia.

“Saya sampai terharu, kalau ada orang Swiss yang bersusah payah berbicara dengan bahasa Indonesia,“ tutur Alista.

Bicara kopi, bicara Indonesia

“Barista tidak hanya dituntut menyajikan kopi dengan kualitas terbaik. Namun juga bisa menceritakan asal muasal secangkir kopi hangat di tangan pelanggan,“ ucap Alista.

Martin Ponti, pria Swiss suami Alista menjadi penggagas kedai ini, Ia sudah 20 tahun bergulat dengan perkopian di Indonesia.

Bukan hanya bahasa Indonesianya yang lancar. Namun seluk beluk kopi Indonesia, suami Alista ini hafal luar dalam.

“Memang mesin kopi yang ada di rumah rumah Swiss sekarang sudah bagus, semua sudah diukur otomatis. Namun kalau mau optimal ya harus tahu bagaimana meraciknya,“ kata Martin.

Latar belakang dan pengalamannya  kerja di berbagai hotel bintang lima di Jakarta, membuatnya optimistis Omnia Coffee berjalan sesuai harapan.

(Ara/ EB)

Related Articles

Back to top button