Nasional

Wajib Dijajal, Asyiknya Menyusuri Wajah Pedestrian 5 Kota Ini

ENERGIBANGSA.ID – Pemerintah kini sudah mulai sadar akan pentingnya penataan kota yang ramah untuk pejalan kaki. Membangun wilayah tata kota yang membuat masyarakat dapat saling bersosialisasi lebih dekat, peduli lingkungan dengan berjalan kaki mengurangi intensitas kendaraan, dan mengubah pola hidup lebih sehat.

Melansir dari Phinemo inilah beberapa kota yang sudah memiliki wilayah pedestrian dan patut dicontoh oleh kota-kota lain di Indonesia. Tim Energi Bangsa memberikan referensi pada kalian Sobat Energi yang ingin ikut serta menikmati suasana kawasan pesdestrian kota-kota di bawah ini yang sayang untuk tidak dikunjungi.


SOLO
Solo menjadi kota pertama yang sadar dan memiliki pedestrian yang ramah bagi para pejalan kaki. Kita dapat melihat baiknya trotoar di Solo melalui Jalan Slamet Riyadi yang rindang dan berudara sejuk. Terdapat juga kursi taman dalam setiap beberapa meter. Jika kalian menyusuri jalan ini, kalian dapat menemukan Taman Sriwedari dan Museum Radya Pustaka Surakarta sekaligus.


SURABAYA
Pada tahun 2015, melalui Walikota kebanggan kota Surabaya Tri Rismaharini, aktif melakukan pembangunan pada ibukota Jawa Timur ini. Terlihat juga melalui jalur pedestrian yang terus digarap dengan apik, pemasangan hiasan di jalan-jalan, pengecatan, dan lain-lain.


BANDUNG
Jalan Asia-Afrika yang menjadi saksi tokoh-tokoh besar perundingan konferensi Asia-Afrika adalah jalur pedestrian terbaik di Kota Bandung. Melalui Ridwan Kamil, titik-titik jalan lain di Bandung juga sedang dilakukan renovasi untuk para pejalan kaki menjadi semakin ramah. Pedestrian lain yang patut kalian tapaki adalah Alun-alun, Masjid Agung, Kantor Pos, hingga Jalan Braga dan wilayah Balai Kota.


BOGOR
Kota ini juga memiliki pedestrian yang baik, di bawah rindangnya pohon dan kesejukannya membuat pengalaman walking tour kalian akan semakin membekas. Kalian dapat mulai berjalan dari air mancur Jalan Sudirman sampai menemui Istana Bogor.


YOGYAKARTA
Yogyakarta juga memiliki banyak sekali wisata yang dapat memuaskan waktu traveling kalian, apalagi dengan berjalan kaki. Program Selasa Wage menjadikan kawasan Malioboro Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bebas kendaraan dan digelar kembali menjadi wilayah pedestrian. Jogja sudah menjalankan program wilayah pedestrian di Malioboro selama 4 bulan terakhir.


Yuk Sobat Energi agendakan untuk ikuti acara yang ada di kawasan pedestrian kota-kota tersebut. Tertarik untuk berkungjung?

Related Articles

Back to top button