fbpx
Wisata & Kuliner

Wajib Coba 7 Makanan Lezat di Semarang!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang)— Setelah kamu berkeliling kota Semarang, emang paling cocok kalau menyantap kuliner khas-khas Semarang.

Wajib Coba 7 Makanan Lezat di Semarang!
Ilustrasi kuliner Semarang

Semarang memiliki banyak kuliner yang lezat dan harus dicoba saat kamu berkunjung ke Semarang. Tenang aja harganya ramah lho di kantong, penasaran? Ini dia 7 kuliner yang wajib kamu coba!

1.Tahu Gimbal
Makanan ini terdiri dari tahu dan gimbal udang sebagai bahan pokoknya, kemudian ditambah lontong, kol, tauge, lalu disiram bumbu kacang yang lezat. Untuk menikmatinya kamu bisa menemukannya di sepanjang Jl. Menteri Supeno dekat Taman Indonesia Kaya.

Wajib Coba 7 Makanan Lezat di Semarang!
Tahu Gimbal ala Semarang

2.Mie Kopyok
Dengan isinya yang sederhana yaitu mie kuning, lontong, tahu pong, tauge, lalu disiram dengan kuah panas.

Kamu bisa menambahkan taburan bawang goreng atau remukan opak untuk menambah kenikmatannya. Kamu bisa menemukannya di Warung Mie Kopyok Pak Dhuwur, Jl. Tanjung No.18A Semarang.

3.Tumpang Koyor
Makanan ini terdiri dari beberapa sayur rebus seperti daun pepaya, daun ketela, kacang panjang, tauge, irisan daging pepaya muda, lalu disiram sambel tumpang terbuat dari tempe semangit, tahu, dan krecek yang dikombinasi dengan santan.

4.Aneka Jajanan Pasar Semawis
Rasanya kurang lengkap kalau ke Semarang tapi ngga berkunjung ke Pasar Semawis yang ada di Kawasan Pecinan Semarang. Di sepanjang pasar ini kamu akan menjumpai banyak penjual dari street food hingga makanan tradisional Semarang.

Contohnya, Pisang Plenet dan Wedang Tahu. Wedang ini berupa campuran tahu putih lembut yang disiram dengan kuah jahe, sedangkan pisang planet adalah pisang yang di penyet
sampai gepeng lalu dibakar dan disajikan dengan berbagai topping.

5.Mangut Kepala Manyung
Olahan ikan asap yang dimasak bersama santan ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas.

Biasanya makanan ini dimakan dengan nasi hangat tapi juga bisa kok dinikmati tanpa nasi. Kamu bisa mengunjungi Warung Kepala Manyung Bu Fat, Jl. Ariloka Semarang Barat atau Jl. Raya Sukun, Banyumnaik

6.Soto Bangkong
Soto ini berbeda dari soto biasanya karena menggunakan suwiran ayam kampung dan di kuahnya sendiri juga diberikan potongan kecil ayam kampung sehingga kuahnya lebih gurih.

Selain itu, soto bangkong berisikan irisan tomat, bihun, dan tauge. Kamu bisa menikmatinya di Jl. Brigjen Katamso No.1 Semarang

7.Es Krim Jamu
Bagaimana ya rasanya jamu tapi dijadikan es krim? kamu bisa menjawab rasa penasaranmu dengan datang ke Makuta Jamu Café Semarang yang berada di Jl. Gang Pinggir No. 38 Kranggan, Semarang.

Walaupun diolah menjadi es krim, tapi rasanya tidak pahit karena menggunakan jahe, kayu manis, dan beras kencur. (dhanti/EB/idntimes)

Related Articles

Back to top button