fbpx
Essai

Wahabi dan Pintu Masuk Terorisme

oleh : Irwansyah*

ENERGIBANGSA.ID – Ada seorang kyai yang bilang “terorisme masuk lewat pintu Wahabi”, lalu disangkal oleh seseorang lainnya “itu konyol, wahabi itu paling nurut sama pemerintah yang sah. Ga mungkin!”.

Tahun 2010an, gw udah baca-baca buku, artikel terkait jenis2 aliran wahabi. Tulisan ini sekedar mereview pengetahuan dalam pikiran aja. Kalo ada yang salah, mohon diluruskan.

Aliran Wahabi itu Banyak

Kedua pernyataan itu seakan kontradiktif. Padahal kalau mau belajar, ternyata aliran wahabisme itu banyak. Di mesir, aliran wahabi bikin partai politik, walaupun dikecam wahabi dari Yordania.

Di Indonesia, antar wahabi aja saling mengkafirkan. Kalo ditarik sekitar tahun 2013an, walaupun sampai saat ini ada, terdapat dua radio wahabi terkenal di Indonesia, yaitu rodja fm dan fajri fm.

Rodja fm ini wahabi yang galak banget, kalo fajri fm dulunya mirip, tapi sekarang lebih toleransi ke Amaliah seperti tahlilan, maulid, yasinan, walaupun mereka ga ngelakuin tapi ga kafir2kan orang yang ngelakuin amaliyah itu.

Sesama Wahabi Saling Memusuhi

Nah karena sikap fajri fm yang begitu, rodja fm menuduh mereka adalah wahabi palsu. Fajri fm juga punya organisasi namanya Hasmi (dulu kepanjangannya asalah harakah sunniyah untuk masyarakat islami).

Padahal menurut Rodja fm, organisasi itu ga boleh dalam wahabi. Haram hukumnya bikin aliansi atau organisasi seperti itu.Walaupun begitu, keduanya terkenal Wahabi yang taat pada pemerintah.

Mereka selalu berpegang pada sikap imam ahmad ibn hambal yang dulu disiksa oleh penguasa mutazilah karena tidak mau mengatakan alquran adalah makhluk.

Membantah pemerintah adalah dosa besar. Inilah juga mungkin kenapa wahabi tidak secara tegas ditolak oleh negara, berbeda dengan HTI karena wahabi tidak mengusik kedaulatan negara secara langsung.Di luar negeri, wahabi juga ada aliran yamani, sururi/haraki, jihadi dan lain sebagainya.

Saling mengafirkan

Antar satu dengan yang lainnya saling mengkafirkan dan menyatakan bahwa mereka adalah Wahabi yang asli. Silakan di googling untuk mencari tahu aliran2 tersebut.Persamaan dari semua aliran wahabi tersebut adalah pada kitab induk tauhid yang dijadikan pegangan, yaitu kitab tauhid karangan syaikh muhammad ibn abdul wahab.

Inilah kenapa aliran tersebut dinamai wahabi, karena merujuk pada pengikut syeikh muhammad ibn abdul wahab tadi.

Selain kitab tersebut, ada juga kitab lain yang jadi pegangan tauhid atau aqidah, yaitu kitab karangan imam ahmad ibn hambal yang berjudul syarh ushulus sunnah.

Inti dari ajaran mereka adalah mengakui hanya satu aliran dalam islam yang benar, yaitu mereka dan meyakini selain dari mereka itu sesat.

Makanya, saat ada maulid, yasinan, tahlilan, dan amaliyah lainnya akan dinyatakan hal tersebut adalah bid’ah, sesat, pelakunya masuk neraka.Ciri2 wahabi biasanya jenggot lebat, celana ngatung, jidatnya item.

Kalo dilihat sekilas, ciri ini mirip dengan jamaah tabligh. Bagi orang awam agak sulit membedakan orang berpaham wahabi dengan jamaah tabligh. Btw, jamaah tabligh juga dikafirkan oleh sebagian aliran wahabi.

Masalahnya adalah, dari banyaknya aliran mereka itu, ada beberapa yang memang sangat keras pertentangannya.

Bahkan ada yang meyakini lambang Garuda dan patungnya adalah thogut. Note: ada yang menyangkal penyebutan wahabi, seharusnya salafi.

Padahal dari dulu penyebutannya adalah wahabi, bisa dicek di kitab-kitab para ulama terdahulu. Bahkan kakak dari pencetus aliran wahabi ini, yaitu syaikh Sulaiman ibn abdul wahab, membuat kitab untuk menentang kelakuan adiknya itu as-Shawaiq al-Ilahiyah fi al-Raddi ‘ala al- Wahabiyah.

  • Irwansyah, santri digital intelektual, dosen di sebuah perguruan tinggi swasta.

Related Articles

Back to top button