fbpx
Gaya Hidup

Wah! Ternyata Begini Cara Merawat Kucing Persia Yang Benar!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Kucing menjadi hewan peliharaan yang amat digemari. Bulunya yang lebat dan menggemaskan, serta sifatnya yang penurut dan tenang menjadi hal yang menarik banyak orang untuk menjadikannya teman di rumah.

Kucing sendiri memiliki banyak jenis yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan setiap negara memiliki rasnya sendiri. Salah satu yang paling sering dipelihara adalah ras persia. Jenis ini memang sangat populer di dunia, dengan karakternya yang tidak terlalu agresif dan tidak banyak bergerak.

Merawat kucing pun susah-susah gampang. Sebagai pemilik kucing tentu saja kita tidak hanya menyediakan makanan saja, tetapi memberikan perawatan terbaik, memperhatikan kebersihannya. Dan itu semua membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun tim energibangsa.id memcoba memberikan tips merawat kucing Persia yang benar sebagaimana yang berhasil di himpun dari beberapa sumber. Dan berikut ini cara merawat kucing Persia:

1.         Gunakan Mangkuk Makanan Rendah dan Non Plastik

Karakter wajah kucing persia yang datar dan hidung pendek, lebih menyukai mangkuk yang datar dengan pinggiran yang sangat rendah, atau tanpa pinggiran sama sekali. Selain itu, jangan gunakan mangkuk berbahan plastik, karena dapat menjadi tempat tumbuh bakteri.

2.         Gunakan Alas Pellet Kayu

Pellet kayu dapat digunakan sebagai alas kandang kucing Persia, karena bahan ini tidak menggumpal dan menempel pada kucing yang bisa menyebabkan bulu indah nan panjang miliki Persia menempel dan rusak.

3.         Biasakan Menyisir Rambut Persia Sejak Kecil

Membiasakan menyisir rambut persia yang panjang sejak kecil akan membuat kucing cantik ini terbiasa dan tidak kaget dengan aktivitas ini, sehingga akan lebih mudah dalam menjaga rambutnya agar tetap rapi dan tidak kesulitan.

4.         Gunakan Sikat Bulu Bahan Logam

Jenis sikat terbaik untuk bulu Persia adalah logam dengan ujung yang meruncing. Gigi sikat yang tidak terlalu rapat akan memabntu merapikan bulu yang kusut. Sediakan beberapa sikat digunakan secara bergantian.

5.         Jaga Kebersihan Hidung

Hidung persia cukup pendek yang memudahkan hidungnya tersumbat kotoran yang dapat menyebabkan sulit bernapas dan dapat memicu infeksi pernapasan. Pastikan kamu membersihkan hidung Persia secara teratur. Cara membersihkannya dengan cutton bud yang telah dibasahi dengan air hangat.

6.         Berikan Vaksin Kucing Secara Teratur

Kucing persia lebih rentan terhadap infeksi pernapasan akibat hidungnya tidak memiliki lapisan filter ekstra untuk menyaring bakteri dibanding jenis kucing lain. Oleh karenanya, perlu diberikan vaksin dan imunisasi di dokter hewan secara teratur.

7.         Bersihkan Mata Kucing Secara Teratur

Bersihkan mata Persia secara teratur setidaknya sehari sekali. Kucing Persia memproduksi air mata yang berlebihan. Air mata yang tidak dibersihkan dapat merusak bulu wajah dan menimbulkan iritasi. Gunakan kain halus atau tissue untuk menyeka air mata yang berlebihan di mata kucing Persia.

8.         Mandikan Kucing

Mandikan Persia ketika kotor saja, terutama Persia dengan warna dasar putih. Untuk memandikannya kamu bisa gunakan jasa profesional pet shop yang bisa memandikan dan melakukan perawatan lainnya. Jika kamu ingin memandikannya sendiri, gunakan air yang tidak terlalu dingin, tetapi juga tidak terlalu panas. Jarak untuk memandikannya pun 1 minggu sekali, 2 minggu sekali, bahkan satu bulan sekali tergantung kondisi kucing.

Itu tadi Sobat Energi cara merawat kucing Persia. Susah-susah gampang ya merawatnya? Tetap perhatikan kebersihan dan beri makanan yang bergizi ya. Agar kucing peliharaan mu tetap sehat dan tetap menemani kamu di rumah.

Related Articles

Back to top button