fbpx
Ragam Bangsa

Viral Video Mobil Bayar Tol Tanpa Setop, Gimana Maksudnya?

ENERGIBANGSA.ID—Dikutip dari detikFinance, Sabtu (27/3/2021), beberapa hari lalu viral sebuah video di aplikasi Whatsapp yang menunjukkan pembayaran tol tanpa setop.

Jadi ada stiker RFID yang ditempelkan di sebuah mobil dan bisa melewati gerbang tol tanpa harus berhenti.

Dari video itu salah satu anggota Klub Pajero Indonesia ONE (PI.ONE) sedang menampilkan pemasangan stiker di lampu depan mobil atau headlamp oleh teknisi FLO.

Stiker FLO

Sekadar informasi FLO ini adalah aplikasi yang dikembangkan Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) yang menggandeng Fintek Karya Nusantara (Finarya) atau yang lebih dikenal dengan LinkAja.

Nantinya, transaksi di tol Jasa Marga tanpa sentuh atau membuka kaca mobil dengan stiker RFID bisa dilakukan jika pengguna sudah memiliki aplikasi FLO.

Dan, sudah mengisi saldo melalui LinkAja untuk transaksi tol.

Menanggapi hal tersebut Corporate Communication Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengonfirmasi video tersebut.

Begini maksudnya

Irra mengatakan, Jasa Marga memang sedang melakukan uji coba terbatas penerapan bayar tol tanpa perlu berhenti dengan stiker RFID.

Ia menegaskan, stiker RFID tersebut belum diperjualbelikan secara bebas.

“Saat ini FLO masih tahap uji coba. Belum diperjualbelikan bebas,” ungkap Irra kepada detikcom, Senin (22/3/2021).

Uji coba tersebut dilakukan di ruas tol Bali Mandara, Jagorawi, lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR), dalam kota, Jakarta-Tangerang (Janger), dan Jakarta-Cikampek (Japek).

Ada 50 gerbang tol sedang uji coba

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, ada 50 gerbang tol yang sedang diujicobakan penerapan FLO.

“Belum bisa. Itu (bayar tol tanpa setop) masih uji coba terbatas. Uji coba Jasa Marga dilakukan di kurang lebih total 50 gerbang di jalan tol Jabotabek dengan di Bali Mandara,” jelas Heru. (*)

Related Articles

Back to top button