fbpx
Nasional

Viral, Seragam Korpri Dipermak Menyerupai Gamis, Bolehkah?

ENERGIBANGSA.ID – Pakaian dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah memiliki pola dan aturannya tersendiri. Sehingga dilarang keras untuk dipermak dengan desain gamis.

Zudan Arif Fakhrulloh selaku Ketua umum Kopri (Korps Pegawai Republik Indonesia) pun menjelaskan bahwa selama ini para PNS sudah memiliki aturan tersendiri untuk tata cara berpakaian

“Tidak boleh, ada pola dan aturannya” ungkap Zudan

Ia pun mengimbau kepada kepala instansi atau ketua Korpri setempat untuk mengingatkan yang bersangkutan agar bisa berpakaian sesuai aturan yang berlaku.

korpri baju gamis
ilustrasi baju gamis korpri (sumber:detik.com)

Dari foto di atas terlihat seragam korpri yang ia gunakan panjangnya hingga di bawah lutut berbeda dengan batik Korpri yang lainnya.

Baca Juga : Daftar Hukuman Buat PNS Terpapar Paham Radikal

PNS tersebut juga menggunakan peci hitam, masker dan face shield hingga tas ransel.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, foto tersebut merupakan foto lama yang kembali beredar.

Tjahjo mengatakan, foto pria mengenakan seragam mirip gamis itu sudah muncul tiga tahun lalu. Tjahjo juga menegaskan foto yang ramai di media sosial itu merupakan hasil rekayasa digital alias editan.

“Belum ada laporan dari kementerian, lembaga, pemda. Itu foto editan. Belum jelas dari siapa dari mana,” ujarnya bulan Juli lalu.

Aturan Seragam

Zudan menjelaskan selama ini para PNS sudah memiliki aturan tersendiri untuk tata cara berpakaian.

“Tidak boleh, ada pola dan aturannya,” kata Zudan

Berikut aturan yang dikutip dari Permendagri RI Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Pakaian Dinas Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Pada Bab II pasal 3 disebutkan jenis pakaian dinas PNS di lingkungan Kemendagri meliputi PDH, PSL dan pakaian seragam batik Korps Pegawai Republik Indonesia. Kemudian untuk PNS di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi meliputi PDH, PDL pada perangkat tertentu, PSL dan batik Korpri.

Kemudian pasal 11 pakaian seragam batik Korpri digunakan pada saat upacara hari ulang tahun Korpri, digunakan tanggal 17 setiap bulan, upacara hari besar nasional dan rapat pertemuan yang diselenggarakan oleh Korpri.

“Pakaian seragam batik Korps Pegawai Republik Indonesia digunakan dengan celana/rok warna biru tua,” tulis aturan tersebut.

Apabila tanggal 17 bertepatan pada hari Senin, penggunaan pakaian seragam batik Korpri dilengkapi dengan mengenakan peci nasional. (dhanti/EB/detik).

Related Articles

Back to top button