fbpx
Nasional

Viral Museum SBY Dapat Kucuran Rp9 M, Begini Progres Pembangunannya

SEMARANG, energibangsa.id—Akhir-akhir ini pembangunan museum SBY di Pacitan menjadi buah bibir. Kabarnya, ada dugaan mendapatkan kucuran dana Rp9 miliar dari APBD Kabupaten Pacitan.

Dilansir dari detikcom, Selasa (16/2/2021), masih berlangsung proses pengerjaan museum SBY yang berlokasi di ruas Jalan Lintas Selatan (JLS) Kelurahan Sidoharjo, Pacitan itu.

Bagian depan proyek tampak tertutup pagar berwarna putih. Di atas pintu depan terdapat plakat bertuliskan ‘Selamat Datang di Proyek Museum & Galeri Seni SBY*ANI. Anda Memasuki Kawasan Wajib APD’.

Pintu utama tertutup!

Pintu utama tersebut tertutup rapat dan dijaga satpam. Dilihat dari luar, tembok museum sudah tampak menjulang.

Pada bagian puncak yang diperkirakan akan difungsikan sebagai kubah tampak pilar berdiri melingkar dengan posisi lebih tinggi dari bangunan sekitar.

Dua bendera juga tampak berkibar. Yakni bendera merah putih di sebelah kiri dan bendera berlogo Museum & Galeri Seni SBY*ANI di sebelah kanan.

Pada bagian depan sepasang atap tampak kokoh dengan bagian atas sudah tertutup atap.

Museum dan Galeri Seni SBY bakal menjadi museum kepresidenan di Tanah Air.

Selain menjadi ruang penyimpanan beragam koleksi Presiden Ke-6 RI, bangunan monumental diharap menjadi obyek wisata edukasi sekaligus mengilhami generasi muda.

Bangunan yang setelah jadi bentuknya mirip Capitol Hill di Amerika Serikat tersebut terdiri dari puluhan ruangan.

Sebagian besar menampilkan pernak-pernik yang berkaitan dengan perjalanan SBY.

Saksi sejarah tersebut menjadi rangkaian cerita sejak SBY menghabiskan masa muda di Kota 1001 Gua hingga menapaki karir di dunia militer. (detikcom)

Related Articles

Back to top button