fbpx
Kabar Indonesia

Viral! Ini Lho, Asal Mula Kata “Anjay” Sebenarnya …

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Istilah ‘Anjay‘ sempat menjadi trending di Twitter. Hal ini pasca Komisi Nasional Perlindungan Anak merilis unggahan press release yang menyatakan bahwa istilah ‘Anjay’ berdampak kepada kekhawatiran banyak pihak, terutama orang tua terhadap anaknya.

Dalam rilis tersebut disebutkan istilah ‘Anjay’ merupakan salah satu bentuk kekerasan verbal dan dapat dilaporkan sebagai tindak pidana. Hmmm…

Lalu sebenarnya kata “Anjay” bermula dari mana sih? Sobat energi tahukah?.

Kata ‘Anjay’ adalah sebuah ungkapan. Kata ‘Anjay’ ini juga termasuk ke dalam bahasa gaul atau yang biasa disebut sebagai bahasa prokem.

Menurut situs Kementrian Pendidikan dan Kebudayan, bahasa prokem merupakan bahasa sandi yang digemari dan digunakan oleh kalangan remaja tertentu.

Baca Juga : Kata ‘Anjay’ Resmi Dicekal, Netizen: Terus Kenapa?

Kata prokem sendiri merupakan bahasa pergaulan dari preman. Bahasa ini awalnya digunakan oleh kalangan preman untuk berkomunikasi satu sama lain secara rahasia.

Agar kalimat mereka tidak diketahui oleh kebanyakan orang, mereka merancang kata-kata baru dengan cara antara lain mengganti kata ke lawan kata, mencari kata sepadan, menentukan angka-angka, penggantian fonem, distribusi fonem, penambahan awalan, sisipan, atau akhiran.

Istilah ‘Anjay’ merupakan sebuah ungkapan yang diperhalus dari kata sebenarnya. Dasar dari istilah ini berasal dari nama hewan yaitu anjing.

Menggunakan kata anjing sendiri untuk sebuah ungkapan memang terdengar kasar dan jika diucapkan akan menyinggung perasaan lawan bicara. Oleh karena itu, kata ini diperhalus menjadi ‘Anjay’.

Belakangan ini, bahasa prokem mengalami pergeseran fungsi dari bahasa rahasia menjadi bahasa pergaulan anak-anak remaja.

Dalam konteks kekinian, bahasa pergaulan anak-anak remaja ini merupakan dialek bahasa Indonesia nonformal, yang terutama digunakan di suatu daerah atau komunitas tertentu.

Penggunaan bahasa gaul menjadi lebih dikenal khalayak ramai setelah Debby Sahertian mengumpulkan kosakata yang digunakan dalam komunitas tersebut dan menerbitkan kamus yang bernama ‘Kamus Bahasa Gaul’, pada tahun 1999.

Baca Juga : Video Ucap Anjay 100x, YouTuber YUPS!: Biar Dia Tersindir ..

Namun, istilah ini tidak selamanya memiliki arti yang kasar. Beberapa orang menggunakan istilah ‘Anjay’ untuk mengungkapkan bentuk kekaguman seseorang terhadap sesuatu.

Namun belakangan, kata ‘Anjay’ kerap digunakan oleh selebgram, Youtuber, influencer, dan lain-lain sebagainya, dalam video pada konten mereka.

Hal itulah yang dikhawatirkan oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak, karena bukan tak mungkin akan dicontoh oleh anak-anak, yang kebanyakan mencari hiburan di platform media sosial. (Sasa/EB)

Related Articles

Back to top button