fbpx
Daerah

Viral, Antrian Cerai Mengular di PA Bandung, Bagaimana Tanggapan Menag?

ENERGIBANGSA.ID (Bandung)– Sebuah video yang menampilkan puluhan pasangan suami istri mengantri panjang di Pengadilan Agama (PA) Bandung viral di media sosial.

Diduga hal ini terjadi karena pandemi COVID-19 yang berakibat pada turunnya perekonomian sehingga pengajuan cerai pun menumpuk.

Menteri Agama (Menag) RI Fachrul Razi menyatakan dirinya belum mendapatkan laporan khusus terkait meningkatnya angka perceraian di Pengadilan Agama akibat pandemi.

“Kalau gara-gara pandemi karena apanya, atau karena ekonomi jatuh, tapi nanti kita lihat kita pelajari,” kata Menag  saat menghadiri pengurus Ormas Bravo 5 di Serang, Banten, Rabu (26/8/2020).

Namun Fachrul menilai naiknya angka kasus perceraian tidak ada kaitannya dengan pandemi COVID-19.

Meski begitu, pihaknya akan terus mempelajari kenaikan angka kasus tersebut.

“Tapi menurut saya sebetulnya engga ada kaitannya sama itu (Pandemi COVID-19 – red). Tapi nanti kita liat lagi (penyebabnya apa),” katanya

Mantan Wakil Panglima TNI ini menyebutkan jika pihaknya akan mencari titik masalah fenomena perceraian yang tinggi karena pandemi ini.

Khususnya soal video viral antrian permohonan perceraian di PA Bandung. Bila memang benar perlu ada terapi untuk masalah ini kedepannya.

“Kalau sudah tahu titik masalahnya, kita coba cari terapinya. Tapi menurut saya sebetulnya nggak ada kaitan sama itu (pandemi), tapi nanti kita lihat,” ujarnya singkat.

Sebelumnya diberitakan antrean pasangan yang akan bercerai di PA Kabupaten Bandung mengular hingga ke jalanan pada Senin lalu (24/8/2020).

Menurut pihak PA Bandung, tercatat ada 80 pemohon pasangan yang hari itu akan bercerai. Di hari itu juga dilakukan 246 sidang perceraian. (buddy/EB/detikcom).

Related Articles

Back to top button