fbpx
Mobile

Viral Ajakan Bule Pindah Ke Bali, Keyword ‘Bali’ Jadi Trending di Twitter

ENERGIBANGSA.ID—Heboh cuitan di Twitter warga Amerika yang mengajak untuk pindah ke Bali pada saat pandemi. Cuitan itu memicu perdebatan hangat dan jadi obrolan paling ramai di Twitter.

Hal ini membuat kata kunci ‘Bali’ pun Trending karena ulah wanita Amerika-Afrika yang terus mengajak bule mendatangi Bali saat pandemi Covid-19 begini. Isu perizinan palsu pun berkeliaran dibahas netizen.

Awal cerita jadi trending

Dilansir dari HAIgrid,  pengguna Twitter bernama Kristen Gray menceritakan bahwa dia telah pindah dari Los Angeles ke Bali. Pasalnya, ia tak kunjung mendapat pekerjaan tetap, padahal di negaranya dia sudah berusaha mencari ke sana kemari.

Lalu, saat dia pindah dan tinggal ke Bali bersama pacarnya (perempuan) selama enam bulan, kehidupannya berubah.

Dia mengaku waktu itu sedang kehabisan uang dan berjuang mencari kerjaan sepanjang 2019. Setelah itu Kristen Gray memutuskan untuk memesan tiket sekali jalan ke Bali dan membuka usaha.

Permasalahan muncul saat dia membandingkan biaya hidup, termasuk sewa apartemen di Los Angeles dengan Bali yang ibarat langit dan bumi.

Lalu pada Maret, dia memutuskan tetap tinggal dan menanti wabah pandemi Covid-19 selesai.

Ditambah lagi, dia menguraikan beberapa manfaat tinggal di Bali: seperti keselamatan, biaya hidup yang murah dan gaya hidup mewah (untuk orang Barat), ramah orang LGBT, serta komunitas warga Afrika-Amerika di Bali.

Bali tempat pelarian

Kristen Gray juga melihat Bali sebagai tempat pelarian dari permasalahan kehidupannya, termasuk kondisi masyarakat Afrika-Amerika yang di matanya kelas dua.

Masalah utama muncul, saat Kristen Gray mengajak semua bule datang ke Bali untuk menemukan tempat kedamaian.

Namun ajakan dan cerita Kristen Gray mulai dikomentari netizen Indonesia. Namun dianggapnya hanya angin lalu.

Perdebatan di Twitter

Pengguna @pentolbulaaat terganggu dengan caption “Our Bali life is Yours: Getting into Indonesia during Covid” (Kehidupan Bali kami jadi milik Anda: Memasuki Indonesia selama Covid).

Sebab, Bali menjadi kawasan yang paling terdampak Covid-19 karena pariwisata.

Ini jadi perdebatan di Twitter, sebab pandangannya lebih terkesan menggurui dan gentrifikasi.

Diketahui, gentrifikasi adalah perubahan sosial budaya di wilayah tertentu yang tercipta akibat penduduk kaya membeli perumahan di pemukiman yang kurang makmur.

Akibat dari ini, warga lokal terkena dampak langsung dan harus terusir secara ekonomi melalui harga sewa dan harga rumah yang tak terjangkau..

Oleh itu, banyak warganet Indonesia yang mengkritik dan mengecam langsung ke akun Twitter @kristentootie yang sudah dikunci.

Ini membuat warganet menilai Kristen Gray hanya melihat semua dari kacamata Amerika, khususnya kacamata warga Afrika-Amerika dan benar-benar berjarak dengan kenyataan di Bali.

Kesal dengan pendapat Gray

Lebih parah lagi, nitizen kesal dengan pendapat Kristen Gray yang di mata beberapa warganet memakai ‘race card’ (kartu sakti ras) oleh sebab warga Afrika-Amerika sering dianggap teraniaya.

Kenyataan, dia bersama pacar sejenisnya hanya memanfaatkan kelonggaran hukum untuk mencari keuntungan pribadi.

Akhirnya, warganet sampai berinisiatif melaporkan ucapan Kristen Gray ke akun Twitter Direktorat Jenderal Imigrasi.

Sebab, banyak yang menduga, dia bersama pacarnya tinggal di Indonesia dengan memanfaatkan jalan tikus dan perizinan untuk membuka usaha. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button