fbpx
Energi MudaKabar IndonesiaPojok Bangsa

Vania Santoso, Wakili Indonesia pada Konferensi Iklim ‘Youth Climate Leader 2019’

ENERGIBANGSA.ID – Anak Muda negeri ini kembali mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional.

Vania Santoso yang merupakan alumni Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga beberapa waktu lalu terpilih mewakili Indonesia dalam sebuah konferensi iklim untuk anak muda PBB atau Youth Climate Leader 2019. Terpilihnya Vania sebagai delegasi yang mewakili Indonesia bukan tanpa alasan. Berkat bisnis inovatif terbarukan, HeySTARTIC yang didirikannya bersama sang kakak, Agnes Santoso itulah yang membawanya mendapatkan green ticket dari PBB dan maju mewakili Indonesia.

Berdasarkan penuturan Vania saat diwawancarai oleh tim voaindonesia.com, Ia menuturkan bahwa HeySTARTIC merupakan sebuah bisnis sosial innovation yang dibangunnya bersama sang kakak. Tak sekedar sebuah nama brand, HeySTARTIC sebenarnya adalah sebuah akronim dari Start Being Exotic and Ethical.

Di acara Youth Clime Leader, salah satu produk yang Vania bawa adalah produk yang terbuat dari material daur ulang kertas semen. Meski berasal dari material kertas semen tapi jangan salah hasilnya tetap tak kalah keren. Sebab Vania berhasil menyulap material kertas semen nampak seperti material kulit.

Dalam proses produksinya, heySTARTIC melibatkan banyak pihak. Mulai dari warga binaan untuk mengumpulkan sampah, mitra bank sampah, kontraktor (yang banyak menggunakan semen dalam proses pembangunan), sampai pabrik makanan untuk diambil limbah kardusnya.

Tak hanya menjadi delegasi yang mewakili Indonesia di ajang Youth Climate Leader 2019. Ternyata sebelumnya pun Vania juga telah menyabet banyak penghargaan berkat bisnis HeySTARTIC yang digelutinya tersebut. Beberapa di antaranya adalah ditahun 2007 Ia bersama san kakak berhasil memenangkan kompetisi Lingkungan Internasional “Volvo Advanture” di Swedia. Bahkan ditahun 2015 Ia mendapatkan penghargaan Kartini Next Generation 2015 dari Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Vania juga menyampaikan pesannya kepada generasi muda seperti yang dilansir dari tribunnews.com, bagi generasi muda yang ingin berwirausaha, agar tak hanya bermimpi tetapi juga melakukan aksi. Apalagi jikabisa bermanfaat bagi masyarakat.

Nah, setelah menyimak sekilas kisah Vania bersama sang kakak yang berhasil mendirikan HeySTARTIC dan juga memberdayakan masyarakat disekitarnya. Apakah Sobat Energi mulai tergugah untuk membuat inovasi-inovasi terbaru yang pastinya tak kalah keren?

Related Articles

Back to top button