fbpx
Kabar Daerah

Vaksinasi Covid-19 Jateng Dimulai 14 Januari Nanti di Tiga Daerah, Siap-Siap Lur…

SEMARANG, energibangsa.id – Vaksinasi covid-19 tahap pertama di Jawa Tengah akan dimulai pada Kamis (14/1) nanti. Vaksin ini akan didstribusikan di tiga kabupaten/kota yaitu Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Solo.

Dilansir dari bisnis.com, Selasa (12/1), pendistribusian vaksin tahap pertama ini memang baru diberikan kepada tiga daerah saja. Vaksin yang didistribusikan dan yang akan digunakan ini menggunakan vaksin Sinovac.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, tidak menjelaskan secara mendetail alasan distibusi vaksin tahap pertama hanya di tiga daerah ini. Ia hanya menyebutkan sesuai dengan informasi dari pemerintah pusat, vaksinasi tahap pertama akan dilakukan di daerah yang menjadi ibu kota provinsi.

Tenang, untuk kabupaten/kota yang belum mendapatkan vaksin covid-19 nantinya akan mendapatkan vaksinasi pada Februari nanti.

“Untuk Saltiga (vaksinasi tahap pertama) Februari nanti,” ungkap Kepala Dinkes Kota Salatiga, Siti Zuraidah.

Prioritas vaksinasi

Jateng diketahui mendapatkan jatah 62.560 dosis vaksin pada tahap pertama ini. Sesuai dengan kebijakan, vaksin ini akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan terlebih dahulu. Nantinya setiap nakes akan mendapatkan dua dosis vaksin sehingga sebanyak 31.255 dosis vaksin nantinya hanya untuk nakes.

Di Kota Semarang totalnya memiliki 15.488 nakes, Kabupaten Semarang terdapapat 4.757 nakes dan di Kota Solo sekitar 12.277 nakes. Tak hanya nakes saja, pada 14 Januari nanti Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo juga akan mendapatkan vaksinasi pertama.

Penetapan tanggal 14 Januari sudah diperbolehkan melakukan vaksinasi karena BPOM telah mengeluarkan surat izin EUA.

“Kami sudah siap semuanya. Jadi, begitu BPOM mengeluarkan izin maka Dinkes tinggal menyebarkan. Sebenarnya rantai dingin sampai ke tingkat puskesmas di Jateng sudah siap semua,” pungkas Ganjar. (*)

Related Articles

Back to top button