fbpx
Kabar Daerah

Vaksin Covid-19 di Jateng Masih Belum Bisa Didistribusikan, Wah Ada Apa Nih..

SEMARANG, energibangsa.id –  Pendistribusian vaksin covid-19 di Jateng hingga saat ini masih terhambat dalam izin penggunaan darurat atau Emergency Usage Authirization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Dilansir dari bisnis.com, Kamis (7/1), hingga saat ini sebanyak 62.560 dosis vaksin masih tersimpan di Gudang Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jateng di Kawasan Industri Tambakaji Semarang. Padahal vaksin covid-19 di seluruh daerah masih ditunggu kedatangannya agar bisa segera digunakan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas mengkonfirmasikan hingga saat ini vaksin masih belum tiba di daerahnya. DSatgas Banyumas mencatat bahwa daerah ini merupakan salah satu wilayah di Jateng yang memiliki risiko penyebaran covid-19 yang cukup tinggi.

Sedangkan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang juga masih menantikan hal yang sama.

Juru Bicara Tugas Penanganan covid-19 Kabupaten MAgelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, jumlah nakes di Maglenag hingga saat ini sekitar 3.000 nakes. Harapannya, vaksin ini bisa mencukupi kebutuhan yang diprioritaskan.

Tunggu EUA

Selain itu, Pemerintah Provinsi DIY saat ini juga masih menunggu izin penggunaan darurat vaksin covid-19. Selama BPOM belum mengeluakan EUA maka proses vaksinasi di DIY masih belum dilaksanakan hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaning Astutie.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yuliyanto Prabowo mengatakan, di Jawa Tengah yang menerima vaksin terlebih dahulu tetap nakes karena sudah sesui dengan intruksi.

“Itu kewenangan pada BPOM, itu punya independensi yang gak bisa diintervensi. Apapn keputusan BPOM akan kita ikuti,” ujarnya.

Pelaksaaan vaksiniasi yang diprioritaskan bagi nakes diharapkan bisa menekan lonjakan kasus covid-19. Dikabarkan, rencana proses vaksinasi akan dilakukan serentak mulai 14 Januari 2021. (*)

Related Articles

Back to top button