fbpx
Kabar Daerah

Usir Kecemasan di Tengah Pandemi, LDNU Cabang Kendal feat Padasuka Gelar Ruqyah Massal

KENDAL, energibangsa.id—Meningkatnya peta sebaran Covid 19 didaerah Kabupaten Kendal. Serta lamanya masa pandemi, menjadikan masyarakat semakin tertekan oleh keadaan ini.

Dampak dari segi pendapatan ekonomi yang berkurang, menjadikan masyarakat mudah stres dan emosi yang tidak terkendali. Penyakit medis maupun non medis bisa dengan mudah menghampiri.

Melihat hal itu Jam’iyah Ruqyah Aswaja (JRA) Pimpinan Cabang Kabupaten Kendal. Yang merupakan sayap gerakan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) dibidang pengobatan dan terapi mengadakan Ruqyah Massal, Senin (28/12) lalu.

Acara itu terselenggara berkat kerjasama dengan Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA). Adapun kegiatan berpusat di SMP NU 10 Ringinarum Kabupaten Kendal.

Syiar dan pengobatan

Acara dzikir dan munajat dipimpin langsung oleh Ketua Padasuka, H. Noor Ahmad Jumadi. Ia juga menyampaikan bahwa acara yang dipimpinnya bagian dari syiar-amaliyah.

“Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan syiar dan ukhuwah amaliyah aswaja AnNahdliyyah di lingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Acara ruqyah massal yang dihadiri oleh 70 orang ini, diikuti warga sekitar serta dari kecamatan lain di Kabupaten Kendal.

Ketua PC Jam’iyah Ruqyah Aswaja (JRA) Kendal, Thoha Taroji menjelaskan, hakekat ruqyah sebagai media pengobatan untuk semua penyakit, sekaligus gangguan yang menimpa manusia.

“Mulai dari penyakit medis, non-medis, psikis hingga pada gangguan yang diakibatkan oleh makhluk gaib” ujar Thoha.

Salah satu fungsi dari adanya Jam’iyah Ruqyah Aswaja (JRA) yakni untuk memberikan pelayanan dakwah. Antara lain, melalui  pengobatan medis dan non medis dengan media ayat-ayat suci al-Qur’an.

Kendati demikian, sesungguhnya tak hanya berhenti pada aspek pelayanan. Lebih dari sekedar ‘dokter’, masyarakat juga diajarkan bagaimana cara mengobati berbagai penyakit yang menyerang manusia.

Bagi mereka, Al-Qur’an adalah obat pertama dan utama bagi makhluk yang sakit. Adapun visi yang diterapkan, terlaksananya dakwah Al-Qur’an bir-ruqyah yang rahmatan lil ‘Alamin. (nfk)

Related Articles

Back to top button