fbpx
Dunia

Usai Haji, Jemaah Wajib Karantina. Ada Apa?

ENERGIBANGSA.ID (Arab Saudi) – Berakhirnya ibadah haji 2020 yang diikuti oleh 10.000 jemaah ditutup dengan karantina kepada seluruh jemaah. Sebelumnya jemaah haji ini melakukan tawaf wada dengan mengitari Kabah sebanyak 7 kali untuk selanjutnya meninggalkan Makkah.

Tak kurang dari 2.5 juta jemaah haji akan kembali ke tempat asalnya pasca jemaah haji berakhir. Namun akibat pandemi Covid-19, para jemaah haji akan melaksanakan karantina mandiri.

Langkah baik inisiasi Pemerintah Arab Saudi ini akan dijalankan selama 14 hari di kamar hotel masing-masing jemaah. Komandan Keamanan Masjidil Haram, Mayjen Yahya bin Abdulrahman al-Aqil, menyatakan semua langkah pencegahan Covid-19 telah dilakukan dari awal kedatangan hingga kepulangan jamaah haji ke daerah asalnya setelah dinyatakan negatif melalui tes Covid-19.

“Kami bekerja keras menerapkan semua rencana agar haji tahun ini sukses sesuai protokol kesehatan sejak awal jamaah haji tiba sampai selesai,” jelas al-Aqil.

Dilansir dari Kantor Berita AFP, Pemerintah Saudi Arabia menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi jemaah haji tahun ini. Salah satunya dalam kegiatan melempar jamrah di Mina, jemaah yang wajib mengenakan masker ini melemparkan batu yang sudah disterilisasi sebelumnya sambil menjaga jarak satu sama lain. Hal ini diamini Raja Salman dalam peryataan resminya Jumat, (31/7) lalu.

”Haji tahun ini terbatas pada jumlah yang sangat terbatas dari jemaah berbagai negara, memastikan ritual itu selesai meskipun dalam keadaan sulit,” ungkap pimpinan tertinggi Arab Saudi itu.

Dikutip dari detikNews, jemaah haji yang menjalani rukun Islam ke-5 ini juga melaksanakan karantina sebelum memulai prosesi kegiatan haji. Mereka juga menjalani pemeriksaan suhu serta te SWAB pasca tiba di Makkah.

Otoritas kesehatan Arab Saudi memastikan tidak ada kasus Covid-19 yang ditemukan di tempat-suci selama ibadah haji berlangsung. Oleh sebab itu, pemeriksaan suhu secara rutin serta himbauan menjaga jarak menjadi kunci amannya pelaksanaan ibadah haji tahun ini. (Sasa/EB/detikNews)

Related Articles

Back to top button