fbpx
Ekonomi & Bisnis

Usaha Apa yang Modalnya Kecil dan Tidak Ada Matinya?

ENERGIBANGSA.ID – Jika sobat energi sedang ingin merintis usaha, namun bingung untuk memulai dan memiliki keterbasan biaya, pasti sering dihantui pertanyaan, bisnis apa yang modalnya kecil dan tidak ada matinya?

Jika yang ditanyakan adalah usaha yang tidak ada matinya, menurut energibangsa.id itu pasti usaha yang dibutuhkan setiap hari, dikonsumsi setiap hari ( kebutuhan primer ) seperti : jualan beras, jualan air, bahan makanan dan minuman.

Bahkan jualan kuota internet sekarang sudah jadi usaha yang gak ada matinya, karena internet itu sudah jadi kebutuhan primer saat ini.

Anda bisa coba sendiri, gadget yang anda gunakan, jangan diisi kuota selama 1 minggu saja, bagaimana rasanya. Pasti tidak nyaman, karena internet merupakan sebuah kebutuhan yang membuat ketergantungan.

Namun untuk menentukan bisnis ada hal penting selain apa yang tidak ada matinya, yaitu : kesesuaian lingkungan dengan bisnis yang ingin dijalankan

Misalnya begini : Katakan anda ingin membuka atau berjualan pulsa, tetapi lingkungan anda sudah banyak juga yang jual. Maka dari itu, yang harus dipertimbangkan adalah selera pasar, kemudian tren di daerah sana juga harus diamati.

Kalau seperti ini, usaha atau bisnis yang tidak ada matinya akan “mati” karena lingkungan yang tidak mendukung.

Tapi bukankah rezeki itu sudah ada yang mengatur? ya, memang benar begitu, tapi kan TUHAN memberi kita akal untuk berfikir, tidak boleh sekedar ambil gampangnya saja.

Jadi saran kami adalah buatlah daftar usaha yang memungkinkan dijalankan (tulis sebanyak mungkin) lalu sesuaikan dengan kondisi lingkungan anda.

Selamat mencoba, selamat memulai! Ingat, bisnis yang bagus adalah bisnis yang dimulai, bukan bisnis yang cuma ditulis.

Related Articles

Back to top button