Opini / Gagasan

Urgensi Employer Branding Bagi Perusahaan dan Strategi Pengelolaannya

Oleh : Putri Salwa Nabila

ENERGIBANGSA.ID ̶ Employer branding bukanlah suatu hal yang baru. Dalam dunia manajemen, terutama human resource management, employer branding biasanya dikaitkan dengan strategi perusahaan untuk mendaptakan talent atau kandidat incaran dengan membangun branding pada tempat kerja.

Kendati demikian, masih banyak miskonsepsi tentang employer branding. Bahkan, tak jarang orang yang mengasosiasisasikan employer branding dengan company branding yang mana keduanya merupakan hal yang berbeda.

Employer branding sendiri merupakan strategi yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi dalam membangun reputasi di perusahaan atau organisasinya dengan tujuan menarik minat para pencari kerja untuk bersedia bergabung ke dalam perusahaan tersebut.

Selain untuk memikat talent, employer branding juga merupakan strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menekan tingkat turnover karyawan.

Di dalam perusahaan employer branding biasanya diurusi oleh departemen sumber daya manusia.

Employer branding biasa dicirikan dengan aktivitas-aktivitas yang dilakukan karyawan untuk mempertontonkan dan membanggakan budaya perusahaan, konsistensi dan kreatifitas dalam hal kompensasi dan benefit.

Pengadaan kegiatan-kegiatan yang mendukung dan mengembangkan potensi serta minat karyawan dan adanya testimoni dari karyawan.

Contoh nyata dari employer branding dapat kita jumpai di sosial media misalnya saat kita melihat karyawan dari suatu perusahaan menggunggah video tentang perusahaannya yang memberikan benefit snack gratis.

Dalam organisasi, employer branding memiliki peranan yang penting. Melansir dari Hubspot, employer branding sangat krusial dalam mendongkrak profit perusahaan karena employer branding yang bagus dapat menekan tingkat turn over sebanyak 28% dan mampu memotong sekitar 50% dari costperhire.

Selain itu, kebanyakan pencari kerja akan lebih tertarik untuk melamar ke perusahaan yang memiliki employer branding yang bagus.

Selain hal-hal tersebut, urgensi employer branding bagi perusahaan, yakni :

Menarik Minat Talent dan Mempertahankan Retensi Karyawan

Employer branding yang dikelola dengan baik akan membuat karyawan merasa nyaman dan betah di perusahaan karena budaya perusahaan atau berbagai benefit yang ada.

Dengan mempromosikan budaya serta benefit tersebut di media sosial,  maka perusahaan akan dapat menarik minat talent terutama talent-talent yang qualified karena talent-talent qualified biasanya akan lebih memilih perusahaan dengan employer branding yang bagus.

Meningkatkan Employee Engagement

Perusahaan yang memiliki brand yang baik dengan lingkungan kerja yang bagus, benefit yang sesuai.

Adanya keterjaminan jenjang karir biasanya akan lebih mudah untuk meningkatkan engagement dari karyawan.

Karyawan akan lebih mudah merasa engaged apabila bekerja di perusahaan sejenis itu.

Bagaimana Strategi Pengelolaan Employer Branding yang Baik?

Melakukan Identifikasi

Hal-hal yang perlu diidentifikasi dalam mengelola employer branding adalah :

  • Employer branding seperti apa yang diinginkan?
  • Efek apa yang ingin dirasakan dengan adanya employer branding?
  • Bagaimana tingkat engagement karyawan pada perusahaan?
  • Bagaimana tingkat turnover karyawan?
  • Bagaimana company culture dan karakter karyawan?

Menggabungkan Kekuatan Storytelling dengan Sosial Media

Seperti yang kita ketahui bahwa kunci dari membangun branding adalah kemampuan kita dalam mengkomunikasikan branding kita kepada khalayak.

Storytelling merupakan cara sederhana untuk mengkomunikasikan brand kita ke khalayak luas.

Sedangkan media sosial adalah saluran yang paling tepat untuk menditribusikannya, artinya kita harus memaksimalkan media sosial perusahaan dan para stakeholders untuk membangun branding.

Selalu Meng̶ update Website Perusahaan

Selalu meng̶ update website perusahaan adalah strategi yang dapat dilakukan untuk mengelola employer branding.

Website perusahaan adalah wajah perusahaan di ranah digital, tempat pertama yang akan dikunjungi oleh orang-orang saat mereka ingin mencari informasi tentang perusahaan.

Maka dari itu, melakukan update website secara rutin akan mencerminkan bahwa perusahaan merupakan tempat yang dinamis dan hal tersebut dapat meningkatkan employer branding.

*Putri Salwa Nabila, Mahasiswi FE Manajemen Univ Wahid Hasyim

Related Articles

Back to top button