0

ENERGIBANGSA.id – Sebuah terobosan baru dilahirkan oleh Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) dalam menarik minat calon mahasiswa untuk berkuliah di kampus tersebut. Selain melalui jalur akademik dengan nilai UTBK, UPNVJ juga membuka jalur prestasi seleksi Mandiri (SEMA) non-akademik bagi YouTuber dengan minimal 10.000 subscriber untuk dapat mendaftar menjadi mahasiswa.

Dari jalur akademik, pihak UPNVJ menjelaskan bahwa calon mahasiswa bisa menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai kriteria tunggal kelulusan. Sementara dari jalur prestasi, diharapkan calon mahasiswa bisa menggunakan gabungan nilai UTBK dan prestasi akademik/non-akademik.

Seperti yang dilansir dari Asumsi.co, Dedi, selaku staf humas UPNVJ menjelaskan bahwa prestasi yang dimaksud dalam daftar persyaratan SEMA UPNVJ itu ada tingkatannya. Ada prestasi yang dicapai di tingkat nasional atau provinsi, dan bahkan internasional.

Menurut Dedi, kriteria jalur prestasinya jelas. “Jadi nggak otomatis bisa masuk dan diterima begitu saja, ini kan kampus, universitas. Jadi yang kita utamakan akademik dulu kan sudah pasti, baru kemudian syarat pendukung dari prestasi itu.”

Dedi pun menegaskan sekali lagi bahwa jika ada calon mahasiswa yang punya 10.000 subscriber di YouTube dan hafiz Alquran yang hafal lima juz, maka keduanya belum tentu juga diterima di UPNVJ, karena nilai akademik tetap jadi persyaratan utama. “Karena kan dia bakal jadi anak mahasiswa, kalau lihat itunya doang (prestasi non akademik), akademiknya gimana dong?.”

“Itu hanya syarat pendukungnya aja. Istilahnya tambahan untuk mendukung akademik aja. Sudah banyak yang nanya ke kami soal persyaratan itu dan saya jelasinnya begitu,” tambah Dedi.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Mengenal Penerjemah Tulisan China di Makam Gus Dur

Previous article

Kepedulian Pemerintah China dalam Pelayanan Haji Umat Muslim Tiongkok

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.