fbpx
Kabar Daerah

Unnes Anugerahi Gelar Honoris Causa ke Menko Perekonomian RI karena Olahraga Ini..

SEMARANG, energibangsa.id –  Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan gelar Doktor Honoris Causa (HC) kepada Menteri Kordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartanto. Acara ini dilakukan di Auditorium Unnes pada Rabu (23/12).

Dilansir dari detik.com, Rabu (23/12), acara ini dihadiri oleh Gubernur Jateng dan Wakil Gubenur Jateng. Serta Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Gelar Honoris Causa diberikan kepada Menko Perekonomian dalam bidang manajemen olahraga karena dinilai mampu memajukan cabang olahraga Wushu. Perlu diketahui bahwa Airlangga juga merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI).

Rektor Unnes, Fathur Rokhamn mengatakan, kiprahnya tidak perlu diragukan lagi karena selama Airlangga menjadi Ketua Umum PBWI telah berhasil mencetak atlet Wushu yang berprestasi. Baik perlombaan internasional maupun nasional yang tentunya membawa nama harum bangsa ini.

Pendekatan humanis

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengatakan, Airlangga selalu melakukan pendekatan humanis. Maka dari itu cabang olahraga Wushu selalu membawa medali emas di tiap ajang internasional seperti dalam Asean dan Sea Games.

Cabang olahraga Wushu selama ini memang tidak sepopuler cabang olahraga lainnya. Namun cabor ini telah membuktikan bahwa Wushu merupakan olahraga yang patut diacungi jempol karena selalu memberikan prestasi.

Zainudin Amali menambahkan, selama pandemi tidak membuat cabor ini berhenti melainkan bisa terus bertahan. Hal ini karena atas keberhasilan menggelar kejuaraan secara virtual bahkan dihadiri oleh negara luar.

Dalam acara penganugerahan Honoris Causa, Airlangga juga melakukan pemaparan orasi ilmiah “Transformasi Organisasi Olahraga Melalui Kepemimpinan Humais”. Disebutkan juga Ia bisa memperoleh anugerah ini juga atas dukungan pengurus PBWI termasuk atlet dan pelatih.

“Penghargaan ini dari kerja bersama selama 4 tahun terkahir,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga berterimakasih kepada Unnes yan telah memperhatikan cabor Wushu. Terlebih juga beberpa atlet Wushu juga merupakan mahasiswa/mahasiswi dari Unnes dan juga Unnes rutin menggelar kejuaran Wushu tiap tahun.

“Secara psikologis dan emosional antara PB Wushu dan Unnes sangat dekat,” pungkasnya. (*)  

Related Articles

Back to top button