fbpx
Gaya Hidup

Unik, 7 Bunga Ini Ternyata Bisa Dimakan Lho!

ENERGIBANGSA.ID–Bunga merupakan tanaman yang umumnya ‘berpenampilan’ indah, serta beraroma wangi. Fungsi lainnya, sebagai hiasan untuk mempercantik karangan rumah.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa jenis bunga yang juga bisa dimakan. Bunga tersebut dapat sebagai penambah rasa. Serta, berfungsi sebagai hiasan pada makanan.

Berikut beberapa bunga yang bisa dimakan (edible flowers) dan memiliki cita rasa unik.

1.Bunga Nasturtium

Bunga Nasturtium merupakan tanaman berdaun hijau, memiliki bunga berwarna cerah (pada umumnya berwarna merah atau kuning), serta berbentuk bulat. Tanaman ini juga sangat mudah tumbuh, harum dan sangat cocok dijadikan rangkaian bunga.

Tak hanya itu, bunga yang satu ini juga bisa dimakan. Karena termasuk dalam keluarga tanaman kubis. Saat kondisi mekar, bunga ini memiliki tekstur yang renyah dengan sentuhan cita rasa pedas dan manis. Sehingga, cocok sebagai campuran pada tumisan daging.

2.Bunga Borage

Bunga Borage dikenal sebagai starflower atau bunga bintang ini adalah tanaman herba annual. Asalnya asli dari Mediterania dan sekarang telah dikembangbiakkan dimana-mana.

Pada umumnya, bunga ini berwarna biru, merah dan digunakan sebagai sayuran. Daunnya dimakan dan rasanya mirip seperti mentimun. Daun dan bunga Borage bisa dimakan dijadikan sayur.

Bisa juga kamu jadikan herba multiguna menggantikan fungsi seledri, basil, atau lemon di salad. Serta dapat dijadikan saus atau campuran sup. Apabila dikristalkan, bunga ini bisa kamu jadikan sebagai hiasan pada kue.

Selain penggunaan sebagai herba dan sayuran, Borage menghasilkan bunga berbentuk bintang yang berwarna biru terang, bentuk unik dan sangat cantik.

3.Bunga Geranium

Geranium adalah salah satu dari sekelompok sekitar 300 spesies tumbuhan abadi atau semak dalam keluarga Geraniaceae. Tumbuhan ini sebagian besar asli ke Afrika Selatan.

Warna bunga Geranium terdiri dari warna putih, merah muda, merah dan ungu. Bunga ini memiliki perpaduan cita rasa seperti mawar, lemon dan pala. Cocok dibuat minuman dan es krim.

4.Bunga Pansy

Bunga Pansy terbagi menjadi tiga ukuran, yaitu Pansy mini, medium dan raksasa. Bunga ini enak dimakan.

Mereka sangat cocok dicampurkan ke dalam salad sayur atau sebagai campuran dalam cocolan saus keju. Manfaat yang lain, pansy juga bisa digunakan sebagai hiasan kue dan biskuit.

Dapat pula dikristalkan dengan gula dan dapat dibekukan menjadi es. Kamu juga bisa membuat es krim Pansy. Rasakan keunikan rasanya.

5.Bunga Telang

Bunga berwarna biru ini nyatanya cukup populer di Indonesia. Selain bisa berfungsi sebagai penambah warna pada makanan. Bunga ini juga sering dijadikan sebagai minuman.

Percobaan menyenangkan bisa kamu coba. Seduh atau rebus bunga Telang, lalu tuangkan ke dalam gelas. Campurkan beberapa tetes lemon dan madu. Lalu lihat perubahan warnanya.

6.Bunga Mawar

Bunga Mawar sering kali digunakan sebagai campuran kosmetik. Tidak hanya itu saja, Mawar juga lezat ketika dijadikan minuman dan manisan manisan. Caranya adalah dengan mengeringkannya, lalu kristalkan dengan gula.

7.Bunga Lavender

Biasanya kita mengenal Lavender sebagai aroma pengharum ruangan atau sebagai bahan shampo. Karena fungsinya yang dapat mengatasi kerontokan rambut.

Aroma Lavender yang menenangkan juga mampu meredakan stres, depresi dan insomnia. Ternyata di balik itu bunga ini bisa dikonsumsi.

Lavender memiliki cita rasa yang cukup unik, yaitu pedas dan manis. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? (*)

Related Articles

Back to top button